Sengit! Tuntas 2-2, PSG Pastikan Juara Grup dan Madrid Lolos

Madrid – Duel Real Madrid vs Paris St. Germain berlangsung sengit sehingga berkesudahan seri 2-2. Hasil ini memastikan kelolosan Madrid ke 16 besar, PSG juara grup.

Madrid menjamu PSG di Santiago Bernabeu untuk melakoni matchday 5 Liga Champions, Rabu (27/11/2019) dinihari WIB. Sepasang gol Karim Benzema membuat tim tuan rumah unggul dua gol hingga 10 menit terakhir pertandingan.

Namun, PSG kemudian menunjukkan perlawanan. Dua gol balasan tercipta dalam waktu tiga menit melalui Kylian Mbappe dan Pablo Sarabia.

Dengan tambahan satu angka, Madrid lolos sebagai runner-up Grup A usai mengantongi delapan poin dengan satu pertandingan sisa. PSG mengunci posisi juara grup setelah mendulang 13 poin. Club Brugge di peringkat ketiga dengan tiga poin sedangkan Galatasaray menjadi juru kunci dengan dua poin.

Bacaan Lainnya

Di pertandingan terakhir grup, PSG akan menjamu Galatasaray dan Madrid menyambangi Club Brugge pada 12 Desember mendatang.

Jalannya Pertandingan

PSG langsung menekan Madrid di menit-menit awal pertandingan. Namun, tim tuan rumah membuat peluang bagus pertama saat Sergio Ramos menanduk crossing Isco meski bola masih melambung.

PSG membalas. Di menit ke-12, manuver Kylian Mbappe di sayap kanan diakhiri dengan crossing yang menemui Mauro Icardi di dekat tiang. Tandukan Icardi juga masih melayang di atas mistar Thibaut Courtois.

Madrid semakin dekat dengan gol pertama. Tiga menit berselang, Toni Kroos mendapatkan ruang tembak yang diakhiri dengan tendangan dari tepi kotak penalti tapi belu menemui sasaran.

Madrid membuka skor di menit ke-17. Kerjasama satu-dua Federico Valverde dan Dani Carvajal diakhiri dengan crossing kepada Isco di kotak penalti. Tembakan gelandang Spanyol itu mengenai tiang gawang, bola rebound dicecar Benzema dengan sontekan dari jarak dekat. Skor 1-0 untuk keunggulan Madrid.

Gelombang serangan terus dilancarkan Madrid sehingga memaksa Keylor Navas jatuh-bangun menyelamatkan gawangnya.

Courtois menepis tembakan keras Marco Verratti dari jarak jauh di menit ke-32. Madrid membalas dengan serangan yang diakhiri Kroos dengan tendangan dari luar kotak penalti.

Tiga menit berselang, PSG nyaris menciptakan gol balasan. Sodoran Di Maria menemui Mbappe di kotak penalti, yang diakhiri dengan sepakan keras. Courtois bereaksi tepat untuk menepis bola sehingga hanya menjadi tendangan penjuru.

Di menit-menit akhir babak pertama, sebuah drama terjadi. Diawali dari pelanggaran Courtois terhadap Icardi di kotak penalti sehingga wasit mengeluarkan kartu merah. Namun, setelah memeriksa dengan VAR wasit membatalkan pengusiran kiper Belgia itu dan menolak klaim penalti PSG. Madrid juga dengan tendangan bebas usai di dalam rekaman Idrissa Gueye mendorong Marcelo.

Madrid hampir mencetak gol kedua kurang dari semenit usai kickoff babak kedua. Marcelo mengirim umpan silang akurat yang diteruskan Benzema dengan sontekan dari depan gawang. Navas masih bisa menggagalkan.

Penyelamatan bagus kembali dilakukan Navas saat menghalau penyelesaian Isco usai meneruskan umpan silang mendatar Marcelo dari sayap kiri saat laga melewat sejam.

Madrid akhirnya memperoleh gol keduanya di menit ke-79. Benzema kembali menjebol gawang PSG untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Diawali dari pergerakan Luka Modric, bola dialirkan kepada Isco kemudian diteruskan Marcelo dengan umpan silang. Benzema menyelesaikan dengan tandukan untuk menaklukkan Navas.

PSG langsung merespons dengan menciptakan dua gol dalam waktu tiga menit. Mbappe mencetak gol balasan tim tamu setelah memaksimalkan kesalahan Raphael Varane dan Courtois untuk menipiskan skor 1-2 di menit ke-81.

Hanya dua menit berselang, PSG menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 2-2. Bola liar hasil umpan Juan Bernat yang dibelokkan diselesaikan Sarabia dengan tendangan voli ke sudut atas gawang Madrid.

Di menit ke-87, Madrid melewatkan peluang emas untuk memenangi permainan. Kross mengirim sebuah umpan ke arah gawang, yang disongsong Varane dengan sundulan tapi bola masih melebar.

Madrid memperoleh tendangan bebas dari posisi yang berbahaya usai pelanggaran terhadap Modric pada masa injury time. Maju sebagai penendang, Bale melepaskan tembakan melengkung ke arah kiri Navas tapi bola menghantam tiang gawang.

Susunan Pemain

REAL MADRID: Courtois, Ramos, Marcelo, Carvajal, Varane, Kroos, Casemiro, Isco (Rodrygo 82′), Valverde (Modric 76′), Benzema, Hazard (bale 69′)

PARIS ST GERMAIN: Navas, Thiago Silva, Meunier, Marquinhos, Juan Bernat, Kimpembe, Di Maria (Draxler 75′), Verratti, Gueye (Neymar 46′), Icardi (Sarabia 75′), Mbappe. (mb/detik)

Pos terkait