5 Kecamatan di Agam Sumbar Dilanda Banjir

Metrobatam, Agam – Lima kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat dilanda banjir. Dilaporkan juga terjadi tanah longsor yang mengakibatkan 4 rumah warga tertimbun serta membuat satu gedung TK dan musala rusak.

“Dalam catatan sementara, ada lima kecamatan yang tertimpa bencana, terdiri dari banjir dan tanah longsor,” kata staf operasional Pusdalops BPBD Kabupaten Agam, Lukman Syahputra, kepada wartawan, Jumat (20/12/2019).

Empat kecamatan yang dilanda banjir dan longsor yakni Kecamatan Ampek Koto, Tilatang Kamang, Baso, Canduang dan Tanjung Raya.

Di Kecamatan Tanjung Raya, tercatat empat rumah rusak tertimbun material longsor di Nagari Bayua. Sedangkan di Kecamatan Ampek Koto, ada lima nagari yang terdampak musibah.

Bacaan Lainnya

Selain banjir, tanah longsor juga mengganggu transportasi antar kampung. Begitu juga halnya dengan tiga kecamatan lain yang rata-rata dilanda longsor.

Selain rumah, material longsor juga menghantam gedung taman kanak-kanak (TK) dan satu musala. Lima kepala keluarga dengan jumlah warga 17 jiwa mengungsi ke rumah saudaranya.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI-Polri dan relawan serta petugas pemadam kebakaran masih bahu-membahu membersihkan lokasi dari material longsor.

“Petugas masih berada di lapangan. Cuaca masih mengkhawatirkan, sehingga diharapkan masyarakat bisa waspada,” imbuh Lukman. (mb/detik)

Pos terkait