Ini Dia 16 Tim yang Lolos ke Fase Knockout Liga Champions

Metrobatam, Jakarta – Babak penyisihan grup Liga Champions baru saja rampung. Sebanyak 16 tim telah berhasil mengamankan tempatnya di fase gugur pertama.

Atletico Madrid dan tim debutan Atalanta menjadi dua tim terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Pada matchday 6, Kamis (12/12/2019) dinihari WIB, Atletico menundukkan Lokomotiv Moskow 2-0 di Wanda Metropolitano. Los Rojiblancos berhak finis sebagai runner-up Grup D di bawah Juventus.

Sedangkan Atalanta menghempaskan tuan rumah Shakhtar Donetsk 3-0 di laga Grup C. Tim Italia itu lolos setelah finis di bawah juara grup Manchester City meski hanya meraup tujuh poin dari enam pertandingan.

Bacaan Lainnya

Empat wakil Premier League berhasil lolos, termasuk juara bertahan Liverpool. Tim lain yang melaju adalah Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Situasi serupa juga diterima oleh wakil-wakil LaLiga. Real Madrid, Barcelona, Atletico, dan Valencia sukses menembus babak gugur pertama di kompetisi ini.

Inter Milan menjadi satu-satunya tim Italia yang kandas. Inter finis ketiga di Grup F sehingga akan melanjutkan kiprahnya di kompetisi Eropa di Liga Europa.

Bayern Munich menjadi tim terbaik di fase grup setelah membukukan 100% kemenangan. Bayern ditemani rival domestiknya, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig sebagai wakil Bundesliga. Dua tim lain yang lolos adalah tim-tim dari Liga Prancis, yaitu Paris St. Germain dan Olympique Lyon.

Selanjutnya, keenam belas tim akan saling berhadapan yang ditentukan lewat pengundian pada 16 Desember 2019. Aturannya, para juara grup akan melawan tim-tim yang menjadi runner-up di grup yang berbeda. Namun, di fase ini tim-tim yang berada dalam federasi sepakbola yang sama belum bisa saling melawan. (mb/detik)

Pos terkait