Ridwan Kamil Tawarkan Pangandaran Jadi Lokasi Budi Daya Lobster

Metrobatam, Bandung – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah mencari lokasi budi daya lobster dalam negeri. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menawarkan Pantai Selatan untuk lokasi budi daya tersebut.

Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku wilayahnya punya beberapa lokasi yang cocok untuk budi daya benih lobster. Ia menyebut sejumlah wilayah seperti Pangandaran, Garut, dan Sukabumi.

“Kalau boleh saya mengusulkan, Pantai Selatan Jawa Barat. Bisa Pangandaran, bisa Pelabuhan Ratu, bisa Garut Selatan. Saya kalau itu ada, kami tawarkan kepada Menteri di situ saja,” kata Emil di Gasibu, Kota Bandung, Senin (23/12/2019).

Ia menuturkan di Pangandaran cocok untuk budi daya lobster. Lobster, katanya, membutuhkan tempat yang nyaman untuk tumbuh besar.

Bacaan Lainnya

“Pangandaran, kan lobster itu butuh suhu pas, butuh ekosistem yang nyaman. Nyamannya di pangandaran yang garis pantainya masih luas,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah berupaya agar benih lobster dapat dibudidayakan di dalam negeri. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengaku banyak daerah yang berpotensi untuk mengembangkan benih tersebut di Indonesia.

Meski begitu, katanya, perlu ada kajian di tempat-tempat tertentu. Edhy mengatakan daerah yang telah melakukan pembesaran benih lobster di antaranya NTB, Sulawesi Tenggara, dan Lampung. (mb/detik)

Pos terkait