Danlantamal IV Sambut Kedatangan Presiden RI

Metrobatam.com, Ranai – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Fasilitas Labuh (Faslabuh) TNI Angkatan Laut Selat Lampa Ranai Natuna Kepulauan Riau, Rabu (08/01).

Presiden dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebelum ke Faslabu TNI Angkatan Laut, Presiden RI mengunjungi ke Pelabuhan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT ) Selat Lampa, disana Presiden RI mengadakan pertemuan dengan para nelayan yang berada di 15 Kecamatan di Kabupaten Natuna.

Dalam pertemuan tersebut Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan secara tegas bahwa “Natuna merupakan wilayah teritorial NKRI dan tidak ada istilah tawar menawar tentang hal yang berkaitan dengan Kedaulatan, “ tegasnya

Bacaan Lainnya

Dikatan juga “Tidak ada kapal asing yang masuk dalam teritorial Indonesia yang ada hanya Kapal Asing yang masuk kedalam perairan ZEE Indonesia, namun harus di ingat jika terdapat kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia maka akan kita beri tindakan”, ungkap Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

“SKPT diharapkan memiliki manfaat yang besar kepada nelayan lokal dan pemerintahan pusat ingin sumber daya alam yang ada di Natuna, dapat dimanfaatkandengan baik serta harus terasa langsung manfaatnya kepada nelayan dan masyarakat Natuna”, pungkas Presiden RI.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo selain meninjau KRI Usman Harun – 359 dan KRI Karel Satsuitubun – 356 juga meninjau Kapal Pengawas Perikanan Dirjen Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dan selesai meninjau armada tersebut Presiden RI beserta rombongan menuju Kantor Bupati Natuna.

Kegiatan disana Presiden RI menyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Presiden RI yang didampingi oleh Wakil Menteri Agraria dan Tataruang Republik Indonesia / Wakil Ketua Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra, Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos, MM, dan Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si.

Sebagi informasi bahwa pembagian sertifikat tanah ini merupakan program Presiden RI untuk masyarakat agar memiliki dasar hukum terkait kepemilikan hak atas tanah dan dapat dipergunakan dengan baik, sampai ke anak cucu nantinya.

Setelah dari Kantor Bupati Natuna, Presiden RI mengakiri kunjungannya untuk kembali ke Jakarta dari Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sadjad menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing 737/A-001 Republik Indonesia.

Hadir dalam pengantaran tersebut Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Plt. Gubernur Kepri bpk. H. Isdianto, S. Sos, MM., Pangdam I/BB Mayor Jendral TNI M. Sabrar Fadhila, Pangkoopsau Marsekal Muda TNI Khairil Lubis dan Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K.,

(Budi/Dispen)

Pos terkait