Guna Hadapi Kapal Asing, Inggris Akan Ajari Bakamla Bahasa

Metrobatam, Jakarta – Inggris ingin memperkuat kerja sama dalam bidang keamanan maritim dengan Indonesia, salah satunya dengan mengajari personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bahasa Inggris.

Menteri Inggris untuk Asia Pasifik Heather Wheeler menuturkan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas bahasa Inggris para pasukan penjaga laut RI agar bisa lebih baik saat menghadapi kapal-kapal asing yang menerobos perairan Indonesia.

Read More

“Salah satu bidang yang bisa kami bantu adalah kami ingin melatih bahasa aparat penjaga pantai Indonesia sehingga bahasa Inggris mereka bisa jauh, jauh lebih baik, sehingga kalian bisa lebih bersaing sebagai negara dalam menghadapi kapal-kapal asing yang besar,” kata Wheeler kepada wartawan di Kedubes Inggris di Jakarta, Rabu (15/1).
Pernyataan itu diutarakan Wheeler ketika keamanan laut Indonesia tengah menjadi perhatian setelah puluhan kapal ikan China menerobos masuk dan mengambil ikan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di sekitar Natuna, Kepulauan Riau, baru-baru ini.

Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) dan kapal TNI Angkatan Laut sempat memerintahkan puluhan kapal yang dikawal coast guard China untuk keluar dari ZEE Indonesia. Kendati sempat menjauh, kapal-kapal tersebut kembali memasuki perairan Indonesia.

RI telah melayangkan nota protes terhadap China, namun Beijing mementahkan dengan menyatakan bahwa negaranya memiliki hak historis dan berdaulat atas perairan di sekitar Kepulauan Nansha di Laut China Selatan, yang dianggap Jakarta masih wilayah ZEE Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wheeler turut mengangkat isu terkait sengketa di Laut China Selatan. Ia menuturkan Inggris mendorong negara-negara di kawasan untuk berpegang teguh pada hukum kelautan internasional dalam bertindak di perairan yang menjadi jalur utama perdagangan internasional itu.

Ia juga menegaskan kembali posisi Inggris yang mendukung kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan, yang menurut negara Barat merupakan perairan internasional. (mb/cnn indonesia)

Related posts