Jokowi Ingin Nelayan Manfaatkan Sumber Daya Laut di Natuna

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan nelayan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Jokowi menginginkan mereka memanfaatkan sumber daya laut yang tersedia di perairan tersebut.

“Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah ingin agar sumber daya alam laut kita di Natuna dan sekitarnya ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk rakyat di sini,” ujar Jokowi saat bertemu dengan nelayan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Pelabuhan Perikanan Selat Lampa Natuna, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (8/1/2020).

Jokowi ingin memastikan SKPT yang telah beroperasi setelah menjalani masa pembangunan selama kurang-lebih empat tahun tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh para nelayan dan menjadi pusat ekonomi baru, terutama untuk sektor kelautan dan perikanan, di Natuna.

SKPT Selat Lampa tersebut mulai beroperasi pada Oktober 2019. Presiden berharap para nelayan dapat mengelola fasilitas tersebut dengan baik dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi optimalisasi potensi perikanan di daerah setempat.

Bacaan Lainnya

“Ini harus bermanfaat bagi Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara semuanya. Jangan sampai bangunan yang saya lihat sangat baik seperti ini tidak memberi manfaat pada nelayan,” ujar Jokowi.

Dari informasi yang disampaikan Kementerian Kemaritiman dan Investasi, SKPT tersebut memiliki beberapa fasilitas pokok untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan kelautan dan perikanan. Dari pendaratan hasil kelautan dan perikanan, pengolahan, hingga pemasaran.

Fasilitas pokok tersebut antara lain berupa dermaga untuk tempat bersandar kapal di bawah dan di atas 30 GT serta sejumlah fasilitas pelengkap lain, seperti tempat pemasaran ikan, integrated cold storage (ICS) berkapasitas 200 ton, kios bahan bakar minyak, pengolahan air bersih, tempat perbaikan jaring, dan kios perbekalan melaut. (mb/detik)

Pos terkait