Kandaskan Barcelona 3-2, Atletico Melaju ke Final Piala Super Spanyol

Jeddah – Atletico Madrid memastikan melaju ke final Piala Super Spanyol usai mengandaskan Barcelona. Bangkit dari ketertinggalan, mereka menang dramatis 3-2.

Laga semifinal Piala Super Spanyol yang mempertemukan Barcelona dengan Atletico tersaji di King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (10/1/2020) dini hari WIB. Pertandingan ini berlangsung sengit sejak menit awal.

Atletico unggul terlebih dulu melalui Koke di menit ke-46. Barcelona berbalik memimpin usai Lionel Messi dan Antoine Griezmann mampu mencetak gol.

Namun di 10 menit terakhir, Los Cholconeros mampu bangkit. Mereka memenangi pertandingan 3-2 setelah Alvaro Morata dan Angel Correa mencatatkan namanya di papan skor.

Bacaan Lainnya

Hasil ini membuat Atletico dipastikan melaju ke partai final. Di laga puncak, mereka bakal bertemu sang rival sekota, Real Madrid.

Jalannya Pertandingan

Laga berlangsung sengit di menit awal dengan kedua tim sama-sama menampilkan permainan terbuka. Atletico mengancam terlebih dahulu melalui tembakan jarak jauh Thomas Partey di menit ke-6.

Namun sepakan pemain asal Ghana ini masih mampu diamankan oleh Neto. Barcelona merespon dua menit berselang.

Umpan Sergi Roberto sisi kanan mampu disambut dengan sepakan voli Arturo Vidal. Upaya Vidal ini masih melebar dari gawang Atletico.

Memasuki menit ke-15, Barcelona perlahan mulai mengendalikan jalannya laga. Hal ini membuat Atletico bermain lebih menunggu.

Peluang emas dihadirkan berbahaya dihadirkan Blaugrana pada menit ke-23. Lionel Messi terbebas di kotak penalti usai melakukan kombinasi umpan pendek dengan Antoine Griezmann.

Ia lalu melepas sepakan mendatar yang terukur. Barcelona gagal membuka keunggulan usai Jan Oblak dengan gemilang menepis sepakan La Pulga ini.

Di sisa babak pertama, Atletico mampu tampil disiplin untuk meredam serangan Barcelona. Hal tersebut skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Atletico mengejutkan Barcelona ketika laga baru kembali bergulir satu menit. Mereka mampu mencetak gol melalui Koke.

Gol ini bermula dari kerja sama apik Joao Felix dan Angel Correa yang membongkar lini pertahanan Barcelona. Correa menyodorkan bola ke Koke yang langsung melepas tembakan mendatar dari dalam kotak penalti untuk memperdayai Neto.

Barcelona tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Lima menit berselang Messi mengubah papan skor menjadi 1-1.

Menerima bola pantul dari Luis Suarez, Messi dengan gemilang melewati kepungan dua pemain Atletico. Ia kemudian melakukan sepakan keras yang mampu menggetarkan jala Oblak.

Di menit ke-59, Messi sempat membawa kembali mencetak gol. Usai mengecoh Koke, ia melepas tembakan terukur yang tak mampu diadang Oblak.

Namun beberapa saat kemudian wasit Jose Luis Gonzalez Gonzalez menganulir gol kedua Messi ini usai melihat VAR. Dalam tayangan ulang, kapten Barcelona tersebut menggunakan tangannya saat mendorong bola untuk melewati Koke.

Pasukan Ernesto Valverde akhirnya benar-benar berbalik memimpin di menit ke-62. Umpan silang Jordi Alba dari sisi kiri menemui kepala dari Suarez di kotak penalti.

Tandukan Suarez ini sebenarnya mampu ditepis oleh Oblak, tapi bola muntah justru mengarah ke Griezmann. Ia dengan tenang menyambarnya untuk mengubah skor menjadi 2-1.

VAR kembali menjadi musuh Barcelona usai gol Pique dianulir pada menit ke-75. Wasit rak mengesahkan gol ini karena Vidal yang memberikan assist lebih dulu offside.

Laga memanas di menit ke-80, tusukan Vitolo harus dijatuhkan oleh Neto di dalam kotak penalti. Jose Luis Gonzalez tanpa ragu menunjuk titik putih.

Alvaro Morata yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Atletico mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kecepatan pemain Atletico benar-benar menjadi momok bagi Barcelona di 10 menit terakhir laga. Akselerasi Correa usai menerima umpan terobosan Morata tak mampu dihentikan oleh lini belakang El Barca.

Ia membawa Atletico kembali memimpin 3-2 di menit ke-86 usai menaklukkan Neto. Barcelona yang tertinggal berupaya mencetak gol di empat menit laga tersisa. Namun usaha mereka gagal membuahkan hasil.

Susunan Pemain:

Barcelona: Neto; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets (Ivan Rakitic 86′), Frenkie de Jong (Ansu Fati 88′); Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann.

Atletico Madrid: Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Renan Lodi (Vitolo 67′); Angel Correa, Hector Herrera (Koke 46′) (Marcos Llorente 72′), Thomas Partey, Saul Niguez; Joao Felix, Alvaro Morata. (mb/detik)

Pos terkait