Peringati Hari Jadi Tanjungpinang ke-236, Rombongan Walikota Ziarah Makam Leluhur

Metrobatam.com, tanjungpinang – Dalam rangka peringati Hari Jadi ke-236 Tanjungpinang, Wali Kota H. Syahrul, S. Pd, dan Wakil Wali Kota, Hj. Rahma, S. IP, lakukan ziarah ke makam leluhur Tanjungpinang, Senin (6/1/2020)

Wali kota dan wakil wali kota didampingi Ketua DPRD, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, S.H, Sekretaris Daerah, unsur Forkopimda, ketua LAM, serta kepala OPD di lingkup pemerintah Kota Tanjungpinang.

Wali kota beserta rombongan mendatangi sejumlah makam para leluhur yaitu Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring, Daeng Marewah dan Daeng Celak di Hulu Riau, Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji, dan Engku Putri di Pulau Penyengat.

Saat ziarah makam, wali kota beserta rombongan melakukan tahlil dan doa bersama dilanjutkan mengganti kain penutup nisan, menabur bunga, dan mengucurkan air bunga.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya dilaksanakan juga pembacaan riwayat singkat para tokoh pendahulu Tanjungpinang.

“Ziarah makam para leluhur Tanjungpinang ini sudah menjadi agenda rutin setiap peringatan hari jadi. Ini juga bentuk penghargaan kita kepada para leluhur yang telah memperjuangkan nama Tanjungpinang,” ucap Wali Kota, Syahrul, usai melakukan ziarah.

Dikatakan wali kota, ziarah ke makam para leluhur merupakan tradisi yang perlu dilanjutkan sebagai bentuk mengenang bagi kita semua tentang pentingnnya sejarah.

“Ziarah ke makam para leluruh, Raja, dan Sultan Tanjungpinang ini supaya bisa mengingatkan kita kepada sejarah, jangan sampai melupakan sejarah,” tuturnya.

Wali kota meminta agar momen hari jadi ke-236 ini dijadikan semangat untuk mewujudkan cita-cita Tanjungpinang menjadi kota yang maju, berbudaya, sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani.

Menurutnya, adanya pembangunan proyek gurindam, pelabuhan, dan bandara telah menunjukkan geliat pembangunan yang akan merubah wajah kota Tanjungpinang.

“Kemajuan Tanjungpinang ditandai dari adanya perubahan. Mudah-mudahan lima tahun kedepan pembangunan di kota Tanjungpinang semakin maju,” harap dia.

(Budi/Tri)

Pos terkait