Persiapan Haji 2020, Kemenag Mulai Rekrut Calon Petugas di Tingkat Daerah

Metrobatam, Jakarta – Kementerian Agama mulai membuka rekrutmen untuk Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2020 tingkat daerah. Kasubdit Bina Petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Ahmad Jauhari mengatakan, proses rekrutmen dilakukan berjenjang dan transparan.

Menurut dia dengan berjenjang dan transparan diharapkan petugas yang terpilih nantinya benar-benar memiliki kompetensi sekaligus komitmen dalam penyelenggaraan ibadah haji. “Rekrutmen petugas haji kita lakukan secara berjenjang. Untuk tingkat Kabupaten/Kota, pendaftaran mulai dibuka sejak 20 hingga 29 Januari 2020,” kata Jauhari seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Bacaan Lainnya

Peserta yang lulus seleksi di tingkat Kabupaten atau Kota akan diumumkan pada 31 Januari 2020. Mereka yang lulus selanjutnya akan mengikuti tes kompetensi tingkat pertama di Kabupaten atau Kota pada 4 Februari 2020. Setelah lolos seleksi di tingkat kabupaten atau kota, calon petugas akan mengikuti tes di Kanwil pada 13 Februari 2020.

Selain perekrutan petugas penyelenggara haji 2020, Kementerian Agama juga tengah memperkuat sarana dan fasilitas pelayanan kepada para jamaah selama di asrama haji. Antara lain pembuatan prototipe mock up pesawat di asrama embarkasi maupun embarkasi antara.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan, tujuan dibangunnya mock up pesawat itu sebagai sarana sosialisasi dan praktik naik pesawat. Dengan begitu, jamaah haji Indonesia bisa memahami fasilitas dalam pesawat, mulai dari penggunaan sabuk pengaman, toilet, dan lainnya.

Selain mock up pesawat, asrama haji juga akan dilengkapi studio film manasik seperti yang sudah disediakan di asrama haji transit Yogyakarta. “Kami juga akan bangun studio film manasik di beberapa asrama haji,” kata Muhajirin.

Menurut Muhajirin, pembangunan studio untuk manasik ini sebagai sarana penyampaian materi secara audio visual. Dalam materi tersebut akan ditayangkan semua proses ibadah haji mulai keberangkatan dari Tanah Air sampai proses ibadah di Tanah Suci.

Setelah menonton tayangan, jamaah haji kemudian melakukan praktik langsung di lapangan. “Digambarkan juga suasana Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga ketika jamaah haji tiba di Tanah Suci, mereka tidak merasa asing lagi. Jadi kita dekatkan seperti yang ada di sana,” papar Muhajirin.

detikers yang budiman artikel dan informasi seputar haji 2020 dan umroh bisa dibaca di sini. detikers juga bisa menikmati kumpulan berita harian Hikmah terbaru dan terlengkap seputar Islam dan kisah inspiratif di sini. (mb/detik)

Pos terkait