Posyandu Dibangun untuk Menjawab Kebutuhan Warga

Metrobatam.com, Batam – Sebanyak 38 -posyandu diresmikan di awal tahun 2020 ini. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam secara bergantian turun ke seremoni peresmian posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan posyandu yang diresmikan kali ini adalah hasil pembangunan 2018-2019 lalu.

“Sebanyak 16 Posyandu dibangun tahun 2019. Selebihnya di 2018. Posyandu ini kita bangun atas permintaan warga yang disampaikan melalui Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan),” tutur Didi di Sekupang, Senin (13/1).

Selain atas usulan warga, pembangunan posyandu ini juga mempertimbangkan kebutuhan. Satu unit posyandu dibuat untuk melayani 100 bayi atau balita. Meski tak sedikit posyandu yang di lingkungannya terdapat lebih dari 100 anak.

Bacaan Lainnya

“Rasionya itu 1 banding 100. Tapi ada juga yang melayani sampai 200 bayi. Maka akan kita upayakan untuk terus menambah. Tahun ini kita akan membangun 12 posyandu lagi,” ujarnya.

Kehadiran posyandu ini penting dalam membantu kerja puskesmas. Khususnya dalam pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan yang dilakukan antara lain memeriksa kesehatan ibu anak, keluarga berencana, imunisasi, peningkatan gizi, dan penanggulangan diare. Pelayanan di posyandu diberikan oleh kader.

Di Batam, kader-kader posyandu ini mendapatkan insentif. Namun menurut Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, besar insentif ini tidak seimbang dengan peran para kader. Karena itu, ia berharap kader dapat ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak yang datang ke posyandu.

Rudi menjelaskan, pada 2045 Indonesia dihadiahi bonus demografi. Saat itu jumlah penduduk usia produktif sangat banyak. Dan anak-anak balita inilah yang akan menjadi bonus bagi bangsa Indonesia nantinya.

”25 tahun lagi, anak-anak ini sudah 26 tahun. Kalau dia sempurna, maka bonus demografi ini baik untuk kita. Kalau tidak, bisa jadi bencana. Maka peran Posyandu ini sangat penting. Tolong jaga baik-baik seluruh anak yang berobat di sana. Semuanya adalah anak kita, penerus bangsa,” pesannya.

Ketua RW 10 KSB Mentarau Kelurahan Patam Lestari Kecamatan Sekupang, Baharudin pada saat peresmian posyandu menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam.

“Posyandu ini sangat bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak. Bagian dari program kesehatan masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kader yang tanpa pamrih melaksanakan program di posyandu. Seperti penimbangan bayi, pemberian makanan sehat, dan sebagainya. Hanya Allah yang bisa membalas kegiatan ibu-ibu sekalian,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua RT 05 RW 30 Perumahan Laguna Raya Sekupang, Fauzan. Atas nama warga sekitar ia menyampaikan terima kasih karena Pemko Batam telah membangun fasilitas publik bagi masyarakat Marina Basecamp dan sekitarnya (Mabes).

“Terima kasih kepada Pak Wali yang telah berkenan hadir di perumahan kami. Kami siap mendukung pemerintah untuk program-program pembangunan yang dilaksanakan demi Batam termasuk Mabes lebih baik,” kata Fauzan.

(MB/MCBatam)

Pos terkait