Soal Pansus Jiwasraya, Pimpinan DPR Segera Sikapi Suara Mayoritas Fraksi

Metrobatam, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut sebagian besar fraksi di DPR menyetujui usulan soal pembentukan panitia khusus (pansus) Jiwasraya. Namun, menurut Dasco, persetujuan pembentukan pansus untuk menyelidiki permasalahan keuangan Jiwasraya baru sebatas informal.

“Ya kalau informasi terakhir, baru secara informal. Tapi formalnya pada hari ini kita sudah masuk reses dan nanti biasanya akan digulirkan di paripurna. Itu nanti ada yang mengajukan usul dan ya harus kita tindak lanjuti. Dan kita sikapi mayoritas dari fraksi-fraksi yang sudah berkeinginan bentuk pansus,” kata Dasco di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Dasco sendiri menilai pansus Jiwasraya pantas dibentuk. Menurutnya, pembentukan pansus untuk menelusuri aliran uang Jiwasraya.

“Kalau saya pribadi sebagai pimpinan DPR bidang koordinator ekonomi dan keuangan, saya pikir kita pantas kemudian membentuk suatu pansus untuk menelusuri itu uangnya lari kemana saja, dan kemudian apakah ada yang bisa diselamatkan, dan lalu kemudian solusinya bagaimana karena kan ini uang masyarakat banyak,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Menteri BUMM Erick Thohir sebelumnya meminta agar masalah keuangan Jiwasraya tidak dibawa-bawa ke ranah politik. Menanggapi hal itu, Dasco mengatakan bahwa DPR memiliki kewajiban untuk menyelidiki masalah tersebut.

“Kami sebagai mitra kerja dari kementerian dan kemudian itu adalah badan usaha yang punya kementerian kan itu ya. Kita bukan bicara ini janganlah dibawa ke ranah politik, tapi kewajiban kami yang diamanatkan oleh konstituen kami, rakyat Indonesia yang kami wakili untuk kemudian menelusuri dan mencari tahu dan kemudian mencari solusi apa yang terjadi di Jiwasraya,” papar Dasco. (mb/detik)

Pos terkait