Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie

Metrobatam, Jakarta – Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mencopot Ronny F Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham.

Yasonna mengatakan jabatan Dirjen Imigrasi dialihkan ke jabatan fungsional dalam rangka pembentukan tim gabungan menyelidiki kesalahan informasi catatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta atas tersangka KPK, Harun Masiku. Sebagai gantinya, Yasonna menunjuk Irjen Kemenkumham sebagai Pelaksana Harian per hari ini.

“Supaya tim independen ini jangan ada conflict of interest saya sudah memfungsionalkan dirjen imigrasi. Jadi sekarang dirjen imigrasi sudah diganti Plh, termasuk Direktur Sisdik Keimigrasian-nya,” ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Tim gabungan ini, kata Yasonna, terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri, dan Ombudsman.

Bacaan Lainnya

Nantinya tim akan melacak mengapa terjadi penundaan atau delay soal data keberadaan Harun di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC terminal 2F bandara. Kalau yang terminal 3 kan beres, makanya enggak ada masalah. Tapi terminal 2 ini ada delay,” terangnya.

Yasonna sengaja membentuk tim gabungan dari sejumlah kementerian/lembaga agar terlepas dari tudingan konflik kepentingan. Ia meyakini tim itu terdiri dari berbagai ahli yang mumpuni.

“Maka tim-tim yang sangat ahli di situ. Supaya betul-betul independen maka dirjen imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk Plh,” ucapnya. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait