BNPB Pastikan WNI Dipulangkan dari Wuhan Sehat

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat diwawancara ANTARA di Natuna Hotel, Ranai Darat, Natuna, Sabtu (1/1) pagi. (ANTARA/ Cherman)

Metrobatam.com, Natuna – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Mordano memastikan Warga Negara Indonesia yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China dalam kondisi sehat, tidak terinfeksi Virus Corona.

“WNI yang berada di Provinsi Hubei yang akan dipulangkan itu yang adalah warga yang sehat,” kata Doni saat ditemui ANTARA di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Sabtu.

Seluruh WNI yang dipulangkan sudah melalui rangkaian proses pemeriksaan kesehatan. “Apabila ada yang diindikasi demam, maka dipastikan tidak boleh keluar dari Wuhan.”

Setibanya di Tanah Air, seluruh WNI itu akan diobservasi selama 2 pekan, baru bisa kembali ke keluarga masing-masing, ujarnya.

Bacaan Lainnya

“Mereka bukan dikarantina, bukan diisolasi, hanya diberikan penampungan sementara untuk observasi selama 2 minggu,” kata dia.

Ia meminta masyarakat tidak khawatir karena Kementerian Kesehatan, TNI dan unsur lainnya telah melakukan persiapan dengan standar medis yang diatur sedemikian rupa.

“Menteri Kesehatan dan saya berada di depan, di mana tiba. Artinya kalau mereka sakit dan berisiko tertular, rasanya tidak mungkin Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB berada di situ. Tentu ingin menyelamatkan diri,” kata dia.

Pemerintah menjamin, WNI yang pulang dari China dalam kondisi sehat, dan prosedur pengamanan dilakukan secara teliti, tambahnya.

(Sumber : Antara.com)

Pos terkait