Kepala BNPB Ingin Indonesia Bisa Hadapi Ancaman Bencana untuk Ratusan Tahun ke Depan

Metrobatam, Jakarta – Kepala BNPB Doni Monardo mengajak masyarakat menjaga hubungan baik dengan alam. Dia juga meminta masyarakat berpikir jangka panjang terkait penanggulangan bencana.

Hal tersebut disampaikan Doni saat menghadiri kegiatan penataran manajemen penanggulangan bencana di Gedung Pola kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (10/2/2020). Kegiatan penataran manajemen penanggulangan bencana yang baru pertama kali diselenggarakan di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengangkat tema ‘Penanggulangan Bencana Urusan Bersama’ dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Kita harus berpikir bagaimana menyiapkan bangsa ini agar dapat menghadapi ancaman bencana bukan untuk satu tahun, dua tahun, tapi ratusan tahun yang akan datang,” ucap Doni, yang merupakan pembicara utama dalam keterangan tertulis BNPB, Senin (10/2).

Sementara itu, Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengingatkan pentingnya mitigasi dan pencegahan mengingat wilayah Sulsel juga memiliki beragam potensi ancaman bencana, seperti banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Penataran ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi masyarakat Sulsel dalam menghadapi potensi ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Bacaan Lainnya

Acara ini juga dihadiri Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, dan lainnya. (mb/detik)

Pos terkait