Kongres PAN Ricuh Sebelum Resmi Dibuka, 4 Caketum Diprediksi akan Bertarung

Metrobatam, Jakarta – Kericuhan pecah di arena Kongres ke-V Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Padahal, acara kongres partai berlambang matahari ini baru resmi dibuka pada malam hari ini, Senin (10/2) pukul 19.00 WIB.

Kericuhan terjadi di lantai dua Hotel Claro tepatnya di tempat peserta kongres melakukan registrasi sekitar pukul 14.45 WITA. Sejumlah orang yang tidak mengenakan pakaian beratribut PAN menyatakan bahwa waktu registrasi peserta Kongres ke-V sudah melawati batas dan meminta agar segera ditutup oleh panitia.

Read More

“Tutup segera pendaftarannya. Kami minta segera ditutup sudah melewati batas waktu,” teriak sejumlah orang.

Sejumlah orang itu menyatakan bahwa registrasi peserta seharusnya hanya dilakukan pada pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

Aksi saling dorong pun tak terbendung dan situasi semakin tidak kondusif. Sejumlah orang itu kemudian mengancam akan memboikot Kongres ke-V PAN bila panitia tidak segera menutup proses registrasi peserta.

Terpisah, kandidat ketua umum Mulfachri Harahap menganggap riak-riak kecil merupakan hal biasa dalam acara seperti kongres partai. Menurutnya, hal yang biasa bila satu atau dua piring pecah dalam sebuah acara besar.

“Bahwa ada riak-riak kecil seperti yang teman-teman dengar itu, sesuatu yang wajar menurut saya. Seperti yang saya sampaikan berkali-kali, dalam sebuah pesta besar kalau ada satu dua piring pecah, saya kira itu hal yang wajar dan tidak merusak kemeriahan pesta,” kata Mulfachri saat ditemui di lokasi Kongres ke-V PAN, Senin (10/2).

Namun begitu, dia berharap Kongres ke-V PAN bisa berjalan dengan lancar, sukses, dan tanpa menghadapi kendala. Ia juga meminta agar media dapat mengambil peran dalam menyukseskan Kongres ke-V PAN.

“Tentu kita berharap kongres ini bisa berjalan dengan lancar, sukses tanpa kendala apapun,” kata Mulfachri.

Kongres ke-V PAN baru dibuka secara resmi pada pukul 19.00 WITA Senin (10/2). Salah satu agenda acara ini adalah pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025.

Hingga saat ini, baru tiga dari empat orang yang dikabarkan akan bertarung di bursa calon ketua umum (caketum) PAN periode 2020-2025 yang mendaftarkan diri secara resmi. Mereka adalah Asman Abnur, Mulfachri Harahap, dan Drajad Wibowo.

Sementara bakal caketum petahana PAN Zulkifli Hasan belum melakukan pendaftaran secara resmi hingga saat ini. Putra Amien Rais, Hanafi Rais juga dikabarkan tidak ingin mendaftark sebagai calon ketua umum.

Empat Caketum Diprediksi Akan Bertarung

Sebanyak empat calon ketua umum (caketum) PAN untuk periode 2020-2025 diprediksi akan bertarung memperebutkan 590 suara.

Mereka yang akan bertarung adalah Zulkifli Hasan alias Zulhas, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, serta Drajad Wibowo.

Sejauh ini, baru tiga nama yang terdaftar maju sebagai calon ketua umum PAN. Yakni, Asman Abnur, Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo. Sementara Zulkifli Hasan kabarnya baru akan mendaftar, hari ini.

Pantauan di Hotel Claro, lokasi Kongres, beragam atribut yang menampilkan wajah keempat caketum telah terpasang di sepanjang jalan di Kendari.

Gaya berbeda ditampilkan dalam atribut milik Mulfachri karena ikut menampilkan wajah putra Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanafi Rais. Hanafi dikabarkan bakal menjabat sebagai Sekjen PAN periode 2020-2025 bila Mulfachri keluar sebagai pemenang di Kongres ke-V PAN.

Selain itu, partai berlambang matahari itu juga akan menentukan sikap politik terhadap pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Kongres ke-V ini.

Hingga kini, PAN disebut tidak memiliki sikap yang tegas terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf selama ini. Namun, ketua umum PAN, Zulkifli Hasan menyatakan bahwa partainya mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf walau tidak memiliki perwakilan di kursi Kabinet Indonesia Maju.

Sementara itu, politikus PAN, Pangeran Khairul Saleh, meminta Kapolda Sultra Brigadir Jenderal Merdisyam turun mengamankan Kongres ke-V PAN secara langsung.

Menurutnya, keberadaan Merdisyam di lokasi akan memberikan rasa aman untuk seluruh peserta Kongres ke-V PAN.

“Misalnya terjadi gesekan, supaya aparat bisa bersikap profesional dan tegas, supaya situasi tidak semakin meruncing,” ucap Yandri dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com.

Pangeran berharap Kongres ke-V PAN berjalan lancar dan kondusif demi melahirkan pemimpin yang sah.

“Saya berharap bahwa pelaksanaan kongres ini bisa berlangsung aman, tertib dan kondusif,” ujar Pangeran.

Menjelang Kongres Partai Amanat Nasional (PAN), sejumlah kubu caketum mulai saling klaim voter atau pemilik hak suara.

Kubu Zulkifli Hasan menyebut, sebanyak 392 voter sudah solid mendukung mantan Menteri Kehutanan itu kembali menakhodai PAN. Sementara kubu Mulfachri, menyebut didukung 352 voter.

Tim Pemenangan Zulkifli Hasan, Yandri Susanto mengatakan, dukungan terhadap Zulhas makin bertambah dari pemilik suara, baik DPW maupun DPD.

“392 pemilik suara atau voter dari DPD dan DPD PAN se Indonesia solid dukung Zulkifli Hasan di Kongres V PAN,” kata Yandri dalam keterangan tertulisnya.

Yandri mengaku, seluruh voter Zulkifli dikarantina di Makassar dan tiba di lokasi kongres PAN di Kendari hari ini.

Sementara itu, kubu Mulfachri Harahap juga mengklaim bahwa 352 suara telah menyatakan sikap mendukung calon yang diusung mantan Ketua Umum PAN Amien Rais itu.

“Kalau mereka (Zulkifli) mengatakan 400, itu cerita mati. Coba cek saja itu. Peserta hanya 590,” kata Muh Asri Anas, koordinator pemenangan Mulfachri Hanafi.

Berdasarkan jadwal yang diperoleh dari panitia, registrasi peserta dimulai pada 8 Februari sampai 10 Februari. Untuk registrasi peserta atau voter, ditutup pada pukul 12.00 Wita di arena kongres.

Sementara calon ketua umum PAN, batas pendaftarannya pada pukul 17.00 Wita. Calon ketua umum boleh mendaftar di DPP dan panitia kongres di Kendari. (mb/cnn indonesia)

Related posts