Pemprov Kepri Capai Nilai SAKIP Sangat Baik

Metrobatam.com, Batam – Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah mengucapkan terima kasih kepada para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemprov Kepri dan juga Kabupaten/Kota yang telah membuktikan kinerjanya dalam bentuk program pembangunan yang tepat sasaran bagi masyarakat. Bukti tersebut membawa Provinsi Kepri mendapatkan Award SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kemenpan dengan nilai BB (70 – 80) yakni sangat baik.

“Alhamdulillah hari ini Kepri  mendapat nilai BB atau sangat baik dalam penilaian kinerja pemerintah yang diterima dalam bentuk Award SAKIP dari Kemenpan-RB RI. Kepri berhasil mendapatkan nilai SAKIP 80. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Kepala OPD yang telah menyusun program yang berguna bagi masyarakat. Begitu juga untuk semangat dari seluruh Bupati/Walikota se-Kepri yang telah berhasil menaikkan nilai SAKIPnya,” ucap Arif Fadillah.

Arif juga menyampaikan terima kasihnya kepada Plt Gubernur Isdianto atas arahan dan bimbingannya. Sehingga teman-teman OPD semakin semangat untuk mewujudkan kinerja pemerintahan dengan baik demi kepentingan masyarakat Kepri.

Sekdaprov Arif hadir mendampingi MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam penyerahan SAKIP Award untuk 185 pemerintah daerah  Provinsi, Kabupaten/Kota Wilayah I, Senin (10/2) di Hotel Radisson, Batam.

Bacaan Lainnya

Turut hadir bersama Sekdaprov Arif, Asisten III Hasbi, Kepala Biro Organisasi  dan KORPRI  Ani Lindawati , Kepala Biro Administrasi Pembangunan Aries Fhariandi, Kepala Dinas Kominfo Zulhendri.

Menurut Arif,  Pemprov Kepri sudah yang ke-3 kali mendapatkan Award SAKIP dari Kemenpan- RB. Nilai yang diperoleh juga mengalami peningkatan dalam tahun ke tahun. Nilai Kepri yang awalnya 72, meningkat menjadi 75 dan untuk Award SAKIP 2019 ini mencapai 80.  Tahun 2020, lanjut Arif, Kepri menargetkan nilai A, yakni di atas 82, sesuai arahan Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto.

Selain itu, Arif juga mengucapkan selamat bagi Kabupaten/Kota se-Kepri yang  juga mendapatkan SAKIP Award. Ada tiga yang mendapatkan nilai BB (sangat baik) yakni Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kota Tanjungpinang. Nilai B, diperoleh oleh Kabupaten Bintan dan Kota Batam. Sedangkan yang memperoleh nilai CC, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Anambas.

Tidak itu saja, Sekdaprov Arif juga mengucapkan terima kasih kepada tim Menpan yang telah melakukan pembinaan bagi Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota se-Kepri.

Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi) Tjahjo Kumolo dalam arahannya menyebutkan, penerapan SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Setiap tahun, Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

“Evaluasi yang telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori. Pengkategorian yang dilakukan bukan sekedar untuk menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP,” jelas Tjahjo.

Disamping itu, lanjut Tjahjo, Kementerian PANRB juga, memberikan rekomendasi dalam rapor tersebut, agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP pemerintah kabupaten/kota wilayah I, tersebut meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat. Dengan total 185 pemda yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota.

(hms/mb)

Pos terkait