Pendiri Telegram: WhatsApp Dihapus Saja, Berbahaya

Metrobatam, Jakarta – Pendiri Telegram, Pavel Durov, jelas kurang suka dengan WhatsApp. Tak cuma sekali pria asal Rusia itu melontarkan kritikan tajam pada aplikasi rival tersebut dalam tulisan panjang lebar.

Sekadar kilas balik pada November 2019. Waktu itu, Durov menulis di blog yang menyarankan user untuk menghapus WhatsApp lantaran maraknya celah keamanan.

Itu menyusul kabar spyware dari perusahaan Israel, NSO Group, bisa menginfeksi WhatsApp dan membobol datanya cukup dengan panggilan telepon yang bahkan tak perlu diterima.

“Kecuali Anda tak masalah semua foto dan pesan Anda terbuka untuk publik suatu hari, Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel Anda,” cetus Durov pada ratusan ribu pengikutnya di channel Telegram.

Bacaan Lainnya

Durov menyebut WhatsApp adalah semacam ‘Kuda Troya’ yang dimanfaatkan untuk memata-matai foto dan user penggunanya. Ia juga melontarkan rasa tidak percaya terhadap sang induk, Facebook.

“Facebook telah menjadi bagian dari program pengintaian jauh sebelum mereka mengakuisisi WhatsApp. Naif berpikir bahwa perusahaan ini akan mengubah kebijakan setelah akuisisi,” paparnya.

Ia mengaku heran WhatsApp terus bermasalah soal keamanan sedangkan Telegram tidak. “Telegram, aplikasi yang mirip dalam hal kerumitan, tidak pernah mengalami masalah dalam skala berat seperti WhatsApp dalam 6 tahun sejak peluncurannya,” klaim dia.

Menurutnya, celah yang terus muncul dari WhatsApp adalah sebagai akibat dari kompromi antara Facebook dengan pemerintah atau lembaga intelijen. “Cenderung sangat jarang seseorang bisa tidak sengaja melakukan error keamanan yang besar, cocok untuk pengintaian, secara rutin,” tandasnya.

Berlanjut pada awal tahun 2019, muncul kabar bahwa ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos, diangkut informasinya karena malware yang dikirim melalui WhatsApp. Menurut dia, seandainya Bezos memakai Telegram, ia takkan kebobolan.

“Celah keamanan WhatsApp berupa video corrupt ini ada tak hanya di iOS tapi juga Android dan bahkan perangkat Windows Phone. Artinya, seluruh perangkat mobile yang diinstall WhatsApp,” tulis Durov di blog.

“Cacat keamanan ini tidak ada di layanan messaging lain di iOS. Seandainya Jeff Bezos mengandalkan Telegram ketimbang WhatsApp, dia tidak akan diperas oleh orang yang melacak komunikasinya,” paparnya.

WhatsApp mengandalkan penyandian atau enskripsi end to end, di mana diklaim pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Tapi menurut Durov, teknologi itu tidak secara absolut dapat melindungi privasi user.

Ia mengklaim, ada backdoor atau pintu belakang di WhatsApp yang dimanfaatkan aparat. “Aparat tidak senang dengan enskripsi, memaksa developer aplikasi menanam celah di aplikasinya,” klaim Durov.

“Saya tahu karena telah didekati beberapa dari mereka dan menolak kerja sama. Hasilnya, Telegram dilarang di beberapa negara di mana WhatsApp tak bermasalah dengan otoritas, yang paling mencurigakan adalah di Rusia dan Iran,” imbuhnya.

Ia tidak sepakat bahwa masalah pembajakan ponsel Bezos ada di iOS seperti klaim Facebook. “Masalah ini tidak spesifik iOS tapi spesifik WhatsApp,” cetus Durov. (mb/detk)

Pos terkait