Prabowo Menteri Populer, Gerindra Klaim Jalankan Visi Jokowi

Metrobatam, Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespons survei Indo Barometer yang menempatkan Prabowo Subianto sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju paling populer. Dia mengklaim, Prabowo selama jadi menteri selalu menjalankan visi-misi Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, khususnya di bidang pertahanan.

“Perlu diketahui yang dilakukan Prabowo adalah menjalankan visi dari pemerintahan yaitu dari Presiden Jokowi mengenai pertahanan keamanan,” kata Dasco di Jakarta, Minggu (16/2) dikutip dari Antara.

Dasco mengatakan, dalam setiap rapat kabinet maupun rapat terbatas, Prabowo selalu mengkoordinasikan ke Jokowi. Prabowo juga dalam bertugas selalu meminta arahan dari Jokowi selaku Presiden.

Menurut Wakil Ketua DPR RI itu, Prabowo akan menunjukkan kepada publik bahwa apa yang disampaikan pada saat kampanye, itu yang akan dilakukan ketika menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Bacaan Lainnya

“Konsep-konsep pertahanan dan keamanan yang diberikan Gerindra kepada pemerintah dan diterima, itu dijalankan sepenuh hati Prabowo, sehingga hasilnya seperti ini,” ujarnya.

Karena itu, menurut Dasco, Gerindra menyambut gembira hasil survei yang menyebutkan bahwa Prabowo adalah menteri paling populer dan kinerjanya dianggap paling baik.

Sebelumnya, hasil survei Indo Barometer menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi teratas dari deretan 10 menteri yang paling dikenal publik.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyebutkan Prabowo mendapat 18,4 persen, disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 10,6 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir 8,2 persen.

Di urutan keempat Menko Polhukam Mahfud MD 7,9 persen, kemudian Mendikbud Nadiem Makariem 5,3 persen, Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan 5,2 persen, dan Mendagri Tito Karnavian 5 persen.

Selanjutnya Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko 3,2 persen, Menteri KKP Edhy Prabowo 2,4 persen, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung 2,2 persen.

Prabowo juga kembali menempati urutan teratas menteri yang dinilai publik mempunyai kinerja bagus, yakni 26,8 persen, disusul Sri Mulyani sebesar 13,9 persen, dan Erick Thohir 12,6 persen.

Pada urutan keempat, Mahfud MD 7,3 persen, disusul Nadiem Makarim 5,2 persen, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono 1,8 persen, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo 1,4 persen, Tito Karnavian 1,4 persen, Menko PMK Muhadjir Effendy 0,9 persen, dan Luhut B Panjaitan 0,9 persen.

Survei ini dilakukan Indo Barometer terhadap 1.200 orang responden pada 9 sampai 15 Januari 2020. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kesalahan (margin of error) mencapai 3,5 persen. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait