Setneg Tolak Formula E di Monas: Di Sana Ada Cagar Budaya

Metrobatam, Jakarta, Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di kawasan Monas. Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

“Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan,” kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Setya menyebut rencana balap Formula E di Jakarta akan diizinkan jika digelar di luar kawasan Monas. Hingga kini, izin tersebut belum dikeluarkan.

“Secara tertulis belum, kan baru selesai dibicarakan sore ini,” katanya.

Diketahui, Kemensetneg mengatakan sudah ada pengajuan izin ke Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka terkait gelaran Formula E 2020. Izin diajukan lantaran lintasan yang dipakai masuk ke dalam kawasan Monas, Jakarta Pusat.

“Formula E sudah mengajukan izin tapi belum kita setujui masih dalam tahap pembahasan,” kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama saat dihubungi, Rabu (22/1).

Sementara Jadwal Formula E Sudah Dirilis. Tapi empat bulan sebelum race digelar, izin menggelar adu kebut mobil listrik itu di Monas malah belum keluar.

Sudah sejak tengah tahun 2019 Indonesia dipastikan jadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E. Kabar tersebut saat itu disampaikan langsung oleh Gubernur Anies Baswedan.

“Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” ungkap Anies via Instagram pada medio Juli 2019.

DKI Jakarta sejak saat itu langsung bersiap. Lokasi sirkuit pun langsung ditetapkan, yakni berpusat di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Sebagai tuan rumah Formula E, Jakarta sudah masuk dalam kalender balap musim 2020. Di situs Formula E sudah terpampang Jakarta akan menggelar balapan pada 6 Juni 2020. Indonesia menjadi seri ke-9 dari total 13 balapan yang digelar.

Di situs fiaformulae.com tersebut, dipajang foto kawasan Monas sebagai headline. Yang sekaligus menandai lokasi balapan.

“ABB FIA Formula E Championship menguncang jalanan di ibukota Jakarta untuk kali pertama pada 6 Juni 2020. Tonton persaingan paling kompetitif dalam pertarungan motorsport di jalan raya, di mana 24 mobil dan pebalap akan berkendara melewati landmark nasional. Bersiaplah Jakarta, kami datang untuk Anda,” demikian teks yang tertera di halaman Formula E seri Indonesia.

Namun pemilihan Monas sebagai lokasi utama Formula E mendadak jadi samar. Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di kawasan Monas. (mb/detik)

Loading...

Related posts