Pesawat Hercules C-130 Bawa Alat Kesehatan dari Tiongkok Mendarat di Lanud Sadjad-Natuna

Metrobatam.com, Natuna – Pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI membawa 12 ton  Peralatan kesehatan penanggulangan Covid-19 dari Shanghai, Tiongkok  mendarat  pagi tadi  di Lanud Sadjad Natuna, Kepulauan Riau,  Minggu (22/3/2020). 

Usai mendarat, seluruh  Crew pesawat berjumlah 21 orang yang menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD) itu disemprot dengan cairan desinfectant.  Sesuai rencana, Senin pagi (23/3/2020) pesawat Hercules C-130 akan melaksanakan penerbangan dari Natuna menuju Jakarta, dan akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seperti diketahui bahwa Pesawat Hercules C-130 yang berangkat Sabtu  (21/3/2020) pagi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh mendarat dengan aman di  Bandara Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu malam waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G  antara  Pemerintah Republik Indonesia  dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. 

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan Virus Corona di Indonesia. Adapun Alat kesehatan tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

(Puspen TNI)

Pos terkait