oleh

Ruang Isolasi Penuh, RSPI Sulianti Saroso Alihkan Pasien ke RS Lain

Metrobatam, Jakarta – Jumlah pasien COVID-19 yang saat ini dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso sudah berjumlah 9 orang. Itu terdiri dari 2 pasien positif dan 7 lainnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dengan jumlah itu, ruangan isolasi yang dimiliki RSPI sudah hampir terisi seluruhnya. Untuk mengantisipasi penumpukkan, pihak RS mulai mengalihkan pasien ke rumah sakit lain.

“Pemerintah sudah menyebutkan DKI ini ada 8 RS rujukan, memang ternyata kita kan kondisikan ada 11 ruangan, yang sudah terisi 10 kemarin bahkan 11. Nah saat itu pasien sudah kita alihkan ke RS rujukan lain,” jelas Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril, SpP, pada wartawan, Kamis (5/3/2020).

dr Syahril menyebutkan beberapa rumah sakit lain yang bisa dijadikan rujukan untuk pasien COVID-19 lainnya. Beberapa lainnya yaitu RS Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, Mintohardjo, RS Sukamto Bhayangkara di Kramat Djati dan RSUP Fatmawati.

Oleh karena itu, pihak RSPI kini sudah tidak bisa menerima pasien yang diduga terinfeksi COVID-19. Semua pasien rujukan yang datang akan dialihkan ke rumah sakit lain.

“Jadi mohon disampaikan kalau ada RS swasta yang ingin dirujuk dan di sini penuh. Tetapi, kalau nanti ada pasien di sini pulang dan ada yang kosong, bisa lagi masuk sini,” katanya.

Meskipun masih tersisa 2 ruangan isolasi yang kosong, pihak rumah sakit menyediakan sebagai cadangan. Hal ini bertujuan agar bisa berbagi ke orang lain yang membutuhkan.

“Iya kita harus cadangkan, artinya cadangan ya. Kita harus berbagi juga ya kepada yang lain. Jadi begitu mereka kontak ke kita, kita sampaikan kondisi kita begini dan sampaikan kita kerja sama dengan rumah sakit lain,” tuturnya. (mb/detik)

News Feed