14 Mei 2020 di Batam, Bertambah 1 Pasien Positif Covid-19 dan 4 Pasien Sembuh

Metrobatam.com, Batam – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Batam, Muhammad Rudi, merilis data pasien Covid-19 di kota ini. Sesuai data itu, ada satu pasien positif, namun empat pasien lain dinyatakan sembuh dari virus yang menyerang pernapasan ini.

Rudi mengungkapkan, pasien yang positif yakni CK (61). Ibu rumah tangga yang beralamat di kawasan perumahan kampung Seraya, Batuampar ini merupakan kasus baru Covid-19 nomor 50 Kota Batam.

“Ini merupakan hasil penyelusuran tim terhadap pasien positif nomor 32 yaitu WNA yang telah meninggal dunia,” kata Rudi, Kamis (14/5/2020).

Untuk diketahui, pasien nomor 50 ini juga merupakan bibi dari kasus terkonfirmasi positif nomor 46 yang tinggal serumah dan saat ini juga berada dalam masa perawatan isolasi/karantina di RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya pasien dinyatakan reaktif pada tanggal 8 Mei saat Tim Puskesmas Tanjung Sengkuang bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Batuampar melakukan pemeriksaam RDT,” kata dia.

Dengan diperolehnya hasil RDT tersebut yang bersangkutan kemudian dirujuk RSKI Covid-19 Galang Kota Batam guna pemantauan dan penanganan lebih lanjut. Selanjutnya, pada tanggal 9 Mei dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kepada yang bersangkutan dengan hasil terkonfirmasi negatif. Kemudian pada tanggal 11 Mei dilanjutkan kembali dengan pemeriksaan swab tenggorokan kedua di mana hasilnya diperoleh pada hari ini dan dinyatakan positif.

“Sejauh ini, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta masih dalam proses perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam,” ujarnya.

Sebelumnya, Rudi juga mengumumkan empat pasien yang sembuh. Adapun empat pasien ini yakni Ari Ika Nugroho (30), Dasur (52), dan Komaruddin (52) yang merupakan kru KM Kelud yang dirawat di RSKI Covid-19 Galang. Sementara satu pasien di RSUD Batam yakni Gustiarma Marpaung (35) yang merupakan guru di SMA Kristen Basic. Guru SMA ini terkonfirmasi kasus nomor 31 Kota Batam.

Untuk diketahui, pasien Covid-19 yang dirawat di RS rujukan di Batam sebanyak 50 orang, 27 di antaranya sembuh dan tujuh meninggal. Masih ada 16 pasien yang dirawat. Sementara di RSKI Covid-19 Galang, dari 29 pasien positif yang merupakan kru KM Kelud, 28 pasien yang sudah sembuh. Hanya satu pasien saja yang sedang dirawat.

“Dengan adanya pasien sembuh dan pasien positif ini, saya ingatkan dan mengimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam, demi kemaslahatan bersama diminta untuk tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” ujarnya.

(mcb/and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *