16 Mei 2020, Balita Positif Covid-19 di Batam

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Sabtu, 16 Mei 2020, kami sampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster terkonfirmasi positif Nomor. “32” WNA yang telah meninggal dunia.

Terkonfirmasi Positif Covid-pada kasus ini merupakan 1 (satu) Orang Anak Perempuan
Warga Kota Batam.

Berikut disampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut
sebagai berikut :

Bacaan Lainnya

1. Seorang Anak perempuan berinisial “ZL” usia 3,8 Tahun, Belum Sekolah, beralamat di Kompleks Masjid di kawasan Sungai Harapan Kelurahan Sungai Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam.

Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 54 Kota Batam, yang merupakan anak kandung dari kasus terkonfirmasi positif nomor. “45” (Ayahnya).

Menindaklanjuti hasil tracing oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang, terhadap kasus positif nomor. 45 yang berkaitan erat dengan kasus positif nomor. 32, maka pada tanggal 05 Mei 2020 yang bersangkutan bersama ibunya dan 6 (enam) orang saudara kandungnya dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil dinyatakan “Non Reaktif”.

Setelah ayahnya dinyatakan terkonfirmasi positif, pada tanggal 14 Mei 2020, yang bersangkutan bersama ibu dan 6 (enam) orang saudara kandungnya, dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima pada hari ini, dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.

Sedangkan hasil pemeriksaan swab ibu dan seluruh saudara kandungnya yang lain dinyatakan terkonfirmasi “Negatif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dan keluarganya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Saat ini pasien masih dalam isolasi/karantina mandiri di rumahnya, dibawah pengawasan dan pemantauan oleh Tim penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang Batam.

Dalam rangka tindak lanjut penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap kasus ini, ibu beserta anak-anak tersebut, oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang, telah dijadwalkan kembali untuk dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dalam waktu dekat.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi dari transmisi lokal.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan, dan himbauan pemerintah, guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali, kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar mematuhi anjuran Pemerintah, untuk malakukan jaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tetap di rumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

(and/rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *