Bukan Batuk, Diare Disebut Jadi Gejala Awal Covid-19 pada Anak

Metrobatam.com, (MB) – Penelitian menemukan batuk atau gejala pernapasan lainnya tak menjadi gejala awal virus Corona pada anak. Mereka memeriksa kasus lima anak yang dirawat di rumah sakit yang memiliki gejala saluran pencernaan dan didiagnosis mengidap pneumonia juga virus Corona.

Studi yang dilakukan di China dan diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pediatrics menunjukkan bahwa gejala gastrointestinal atau diare pada anak dapat berarti infeksi masuk melalui saluran pencernaan. Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan jenis reseptor virus yang menargetkan sel paru juga ditemukan di usus.

Penulis studi dr Wenbin Li dari departemen pediatrik Rumah Sakit Tongji, Wuhan, mengatakan hanya sebagian kecil anak yang terinfeksi COVID-19 dan beberapa kasus parah sering memiliki kondisi kesehatan lain yang mendasarinya. Oleh sebab itu sangat mudah melewatkan diagnosis pada tahap awal ketika seorang anak memiliki gejala non-pernapasan atau mengidap kondisi lain saat dibawa ke rumah sakit.

“Berdasarkan pengalaman kami berurusan dengan COVID-19 di daerah epidemi, anak-anak yang menderita gejala saluran pencernaan terutama dengan demam atau riwayat terpapar harus dicurigai terinfeksi virus ini,” katanya dikutip dari The Sun.

Bacaan Lainnya

Untuk penelitian ini, Dr Li dan timnya menganalisis kondisi klinis anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan gejala non-pernapasan tetapi kemudian didiagnosis dengan pneumonia dan Covid-19. Sementara gejala awal pada anak tergolong ringan, dalam studi tersebut dilaporkan empat dari lima anak yang datang ke rumah sakit mengalami sakit perut sebagai gejala awal virus Corona.

Dr Li mengatakan bahwa dengan menyoroti kasus-kasus ini, ia berharap bahwa dokter akan dapat menggunakan informasi tersebut untuk dengan cepat mendiagnosis dan mengisolasi pasien dengan gejala yang sama. Diharapkan hal ini dapat membantu dalam perawatan dini dan mengurangi penularan.

“Anak-anak ini mencari pertolongan medis di unit gawat darurat untuk masalah yang tidak terkait, misalnya, satu memiliki batu ginjal, yang lain adalah trauma kepala. Namun semua memiliki pneumonia saat dilakukan CT scan dada dan kemudian dikonfirmasi memiliki COVID-19,” pungkasnya.

(detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *