Update 11 Mei 2020 di Batam: Klaster Bengkong, 3 Orang Tetangga Pasien Nomor 35 Positif Tertular Covid-19

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Senin, 11 Mei 2020, kami sampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Mengumumkan tambahan 3 pasien positif corona, yang ditenggarai berkaitan dengan pasien nomor 35 Kota Batam atau klaster Bengkong, Senin (11/5/2020).

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil screning dan tracing closes contact dari terkonfirmasi positif Nomor. 35 yang telah meninggal dunia.

Terkonfirmasi Covid-19 pada kasus ini merupakan satu keluarga (kakak dan adik-adiknya) yang merupakan tetangga dari kasus nomor. 35 yang saat ini tengah menjalani karantina mandiri di tempat tinggalnya.

Adapun rincian dari kasus ini adalah Kakak Beradik yang terdiri dari 2 (dua) orang laki –laki dan 1 (satu) Orang perempuan .

Bacaan Lainnya

Berikut disampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut :

1. Seorang Anak Remaja laki –laki berinisial “RA” usia 14 Tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 40 Kota Batam.

Yang bersangkutan tinggal bersama seorang kakak laki-laki dan kakak perempuan beserta dengan adiknya setelah ayahnya meninggal dunia, dan ibunya bekerja sebagai TKW di Malaysia.

Selama ini keperluan hidup sehari-hari keluarga ini dan bahkan untuk bekal jajan sekolah yang bersangkutan banyak dibantu oleh tetangganya yaitu keluarga Almarhum Bapak.”DD” yang merupakan kasus Covid-19 Nomor.“35.

Sehubungan dengan adanya kasus nomor 35 tersebut yang bersangkutan bersama dengan kakak-kakak dan adiknya pada tanggal 02 Mei 2020 telah dilakukan RDT dengan hasil “Non Reaktif” dan selanjutnya diedukasi untuk melakukan karantina mandiri.

Pada tanggal 08 Mei 2020 terhadap yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros Batam dimana hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.

2. Seorang laki – laki berinisial “Tn.RA” usia 20 Tahun, Mahasiswa, beralamat di kawasan perumahan Bengkong, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 41 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan kakak tertua dari kasus Nomor. 40, yang sehari-hari bekerja sambil kuliah serta mengurus adik-adiknya sebanyak tiga orang setelah ayahnya meninggal dunia dan ibunya bekerja sebagai TKW di Malaysia. Yang bersangkutan merupakan tetangga dari kasus Covid- 19 Nomor.“35” dimana keperluan hidupnya banyak dibantu oleh almarhum beserta keluarganya.

Sehubungan dengan adanya kasus Nomor 35 tersebut yang bersangkutan bersama dengan adik-adiknya telah dilakukan RDT pada tanggal 02 Mei 2020 Tim penanganan Covid-19 Puskesmas Sei Panas dengan hasil “Non Reaktif” dan selanjutnya diedukasi untuk melakukan karantina mandiri.

Pada tanggal 08 Mei 2020 terhadap yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros Batam dimana hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.

3. Seorang perempuan berinisial “Nn.WC” usia 18 Tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 42 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah seorang remaja putri yang tinggal bersama kakak dan adik adiknya setelah ayahnya meninggal dunia dan ibunya bekerja sebagai TKW di Malaysia.

Yang bersangkutan merupakan tetangga dari kasus Covid-19 Nomor.“35” dimana keperluan hidupnya juga banyak dibantu oleh almarhum beserta keluarganya.

Sehubungan dengan adanya kasus Nomor 35 tersebut yang bersangkutan bersama dengan kakak dan adik-adiknya telah dilakukan RDT pada tanggal 02 Mei 2020 oleh Tim penanganan Covid-19 Puskesmas Sei dengan hasil “Non Reaktif” dan selanjutnya diedukasi untuk melakukan karantina mandiri.

Pada tanggal 08 Mei 2020 terhadap yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros Batam yang hasilnya baru diterima pada hari ini dan dinyatakan Terkonfirmasi “Positif.

Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 40 – 42

Dari Hasil Tracing Closes Contact Terkonfirmasi Kasus Nomor. 35

Sementara itu adik bungsunya, seorang anak perempuan usia 7 Tahun 8 Bulan bersama dengan kakaknya juga ikut melakukan RDT dengan hasil “Non Reaktif” yang kemudian diikuti dengan pengambilam swab tenggorokan yang hasilnya dinyatakan “Terkonfirmasi Negatif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan semua cukup stabil dan tidak pernah merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dilakukan proses persiapan perawatan isolasi untuk penanganan kesehatan lebih lanjut di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Sedangkan untuk adik bungsunya dilakukan isolasi terpusat di Rusun Tanjung Uncang Kota Batam.

Dengan semakin berkembangnya penyebaran kasus nomor 35 tersebut, saat ini tim survelans Dan Epidemiologi terus bergerak melakukan proses contact tracing dan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terhadap kasus – kasus terkonfirmasi tersebut diatas.

Selanjutnya diingatkan dan himbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang
cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum.

Rilis Resmi Tim Gugus Tugas Penanggulangan Corona Covid 19 Kota Batam.

(andy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *