1 Juni 2020 di Batam, Kasus Baru Positif Covid-19 Bertambah Lagi 12 Orang

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Senin, 01 Juni 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus baru (impor) dan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster “HOG Eden Park, Palm Spring Nomor 100 Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 12 (dua belas) orang yang terdiri atas 8 (delapan) orang perempuan dan 4 (empat) orang laki-laki warga Kota Batam.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut :

Bacaan Lainnya

1.Seorang laki-laki berinisial “Tn.T” usia 68 tahun, Swasta, beralamat di wilayah Pulau Kubung Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 129 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan ayah kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82” maka yang bersangkutan yang pada awalnya mengalami demam dan batuk saat menjalankan masa karantina/isolasi terpusat di Rusun Tanjung Uncang, kemudian dirujuk ke RS Elisabeth Batam Kota pada tanggal 29 Mei 2020 guna penanganan kesehatan.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang intensif diikuti dengan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”. Dilakukan juga pemeriksaan laboratorium serta foto rontgen yang hasilnya ditetapkan sebagai PDP dan diharuskan menjalani rawat inap. Bersamaan dengan pemeriksaanya tersebut dilakukan juga pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan saat ini masih dalam perawatan diruang isolasi guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabeth Batam Kota Kota Batam.

2.Seorang perempuan berinisial “Ny.MT” usia 61 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di wilayah Pulau Kubung Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 130 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan ibu kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82”, maka yang bersangkutan bersama suaminya yang pada awalnya mengalami demam dan batuk saat menjalankan masa karantina/isolasi terpusat di Rusun Tanjung Uncang, kemudian dirujuk ke RS Elisabeth Batam Kota pada tanggal 29 Mei 2020 guna penanganan kesehatan.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang intensif diikuti dengan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”. Dilakukan juga pemeriksaan laboratorium serta foto rontgen yang hasilnya ditetapkan sebagai PDP dan diharuskan menjalani rawat inap.

Bersamaan dengan pemeriksaanya tersebut dilakukan juga pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan cukup stabil dan saat ini masih dalam perawatan diruang isolasi guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabeth Batam Kota Kota Batam.

3. Seorang anak laki-laki berinisial “An.U” usia 08 tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Glory View, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 131 Kota Batam.

Ibu yang bersangkutan merupakan jemaat dan teman Terkonfirmasi positif nomor. 82 yang bertemu pada saat acara pernikahan. Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 129 – 140 Dari Hasil Pengembangan Kasus Cluster “HOG Eden Park. Palm Spring, Nomor. 100 dan Kasus Baru” 01 Juni 2020 Pukul 20.00 WIB.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82” yang bersangkutan bersama ibunya pada tanggal 29 Mei 2020 melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”, sedangkan ibunya “Reaktif” sehingga pada hari itu juga dilanjutkanlah dengan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sedangkan hasil swab ibunya dinyatakan Terkonfirmasi “Negatif” dan telah dilakukan pengambilan swab tenggorokan kedua yang hasilnya belum diperoleh (on proses).

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam persiapan proses perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Awal Bros Batam Kota Batam.

4. Seorang perempuan berinisial “Nn.S” usia 20 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 132 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan adik ipar dari Terkonfirmasi Positif Nomor 100.

Menindak lanjuti hasil tracing dan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor. 100, maka delakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan pada tanggal 28 Mei 2020 yang hasilnya “Non Reaktif”.

Selanjutnya pada keesokan hari tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

5. Seorang anak perempuan berinisial “An.K” usia 04 tahun, beralamat di kawasan ruko terowongan Sei Panas, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 133 Kota Batam.

Sehubungan dengan kematian ayahnya yang meninggal mendadak di rumah dengan memiliki riwayat keluhan batuk disertai demam dan sesak nafas, serta dengan melihat gejalanya tersebut maka oleh tim penanganan Covid-19 Puskesmas pemulasaran jenazahnya dilakukan secara protokol Covid-19.

Berdasarkan hasil tracing maka pada tanggal 23 Mei 2020 kepada yang bersangkutan beserta ibunya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pertama bertempat di RSAB dengan hasil Terkonfirmasi “Negatif”.

Selanjutnya diulang kembali pada tanggal 29 Mei 2020 bertempat RSE-BK yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

6. Seorang perempuan berinisial “Ny.ZealSJ” usia 44 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 134 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan kakak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 124.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, pada tanggal 28 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”, dan kemudian pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabath Lubuk Baja Kota Batam.

7. Seorang perempuan berinisial “Nn.DP” usia 21 tahun, Belum Bekerja, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 135 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan keluarga dari pasangan Terkonfirmasi Positif Nomor 123 dan 124.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, Pada tanggal 28 Mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”, dan kemudian pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabath Lubuk Baja Kota Batam.

8. Seorang perempuan berinisial “Ny.SF” usia 45 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Baitul Hasanah, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 136 Kota Batam.

Yang bersangkutan menghadiri takziah atas meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109”, maka kepada yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan pada tanggal 29 Mei 2020 yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

9. Seorang laki-laki berinisial “Tn. MR” usia 33 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Tiban Housing, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 137 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah pengemudi mobil jenazah dan ikut serta mengangkat jenazah pada saat meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109”, maka dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan pada tanggal 28 Mei 2020 dengan hasil “Non Reaktif”. Namun pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

10. Seorang perempuan berinisial “Ny.NEW” usia 43 Tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Nusa Jaya, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 138 Kota Batam.

Yang bersangkutan menghadiri takziah atas meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109”, maka pada tanggal 28 Mei 2020 diakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif”. Namun pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

11. Seorang laki-laki berinisial “Tn. DA” usia 29 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Perum Garden Raya, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 139 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah pengemudi mobil jenazah dan ikut serta mengangkat jenazah pada saat meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109”, maka pada tanggal 28 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif”. Namun pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

12. Seorang remaja perempuan berinisial “Nn. PN” usia 13 tahun, Pelajar , beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 140 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 134.

Sehubungan dengan pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82, maka pada tanggal 28 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada yang bersangkutan dengan hasil “Non Reaktif”.

Kemudian pada keesokan harinya tanggal 29 Mei 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di Rumah Sakit Elisabath, Lubuk Baja, Kota Batam.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, H. Muhammad Rudi.

(Metrobatam.com/Andy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *