BUMDes Sungai Buluh, Raih Juara Terbaik Se-Kepri

Metrobatam.com, Lingga – Kabupaten Lingga kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat provinsi, kali ini melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Usaha Bersama Desa Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat yang ditetapkan sebagai BUMDes terbaik se-provinsi Kepri tahun anggaran 2020 dalam ajang BUMDes terbaik provinsi Kepri tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Dodi Suhendra usai menerima surat pemberitahuan hasil penilaian dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri, pada Senin (08/06/2020).

“Alhamdulillahi wa syukurillah, desa kita kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan ditetapkannya BUMDes Bina Usaha Bersama Desa Sungai Buluh Kecamatan Singkep Barat oleh Tim seleksi Provinsi sebagai Rangking  pertama BUMDes Terbaik se-provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020,” kata Dodi dalam pesan singkatnya,

Dodi optimis, dengan diraihnya prestasi ini, akan menjadi semangat pendorong sekaligus pemacu dan pemicu bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Lingga  untuk lebih giat melaksanakan pergerakan pemberdayaan masyarakat, terutama pada sektor ekonomi, melalui penguatan kelembagaan BUMDes.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, usai mendapat kabar tersebut, Kepala Desa Sungai Buluh Agus Setiawan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada DPMD Provinsi Kepri yang telah mempercayakan kepada Bumdes Bina Usaha Bersama Desa Sungai Buluh untuk menjadi lebih baik lagi.

“Keberhasilan ini adalah berkat kepercayaan Bapak Bupati Lingga yg mempercayai kami untuk mewakili Lingga. Keberhasilan ini adalah berkat bimbingan Bapak Dodi selaku Kepala Dinas DPMD Kab. Lingga besera jajarannya, para tenaga ahli, Bapak Camat Singkep Barat, para pendamping Desa. Dan keberhasilan ini juga didukung oleh para pengurus Bumdes yang mau bekerja untuk desa dan masyarakat sungai buluh, Ketua BPD Sungai Buluh beserta Anggota,” ungkapnya.

Ia juga berharap besar kepada pemerintah Propinsi Kepri, Pemkab Lingga dan Kecamatan Singkep Barat untuk bisa memberikan bimbingan agar bisa menjadi yang lebih baik lagi sampai ke tingkat nasional.

“Ya kita berharap BUMDes Desa Sungai Buluh ini mampu menjadi agen bisnis untuk desa, sehingga Desa Sungai Buluh bisa mandiri seperti desa desa yang telah maju karena BUMDesnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terpilihnya BUMDes Desa Sungai Buluh tersebut adalah berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh tim yang dibentuk berdasarkan keputusan Gubernur Kepri dengan penilaian terkait kegiatan pendampingan, serta penguatan kapasitas kelembagaan Badan Usaha Milik Desa se-Provinsi Kepri, yang berlangsung sejak tanggal 5 sampai dengan 25 Maret 2020 lalu. Hasil penilaian lomba diumumkan di sekretariat Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri.

(Daiful)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *