Kasal Resmi Menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir

Metrobatam.com, Lingga – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., secara resmi diangkat menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, melalui upacara militer, hal ini ditandai dengan penyematan Baret Ungu oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) di Pantai Todak Dabo Singkep Lingga Kepulauan Riau, Jumat (24/7/2020).

Kasal menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-39, dimana menjadi suatu tradisi di Korps Marinir TNI AngkatanLaut akan mengangkat pejabat Kasal seperti pejabat Kasal sebelumnya yaitu Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., pada tahun 2018.

Tidak hanya itu pada tahun 2015 Korps Marinir TNI Angkatan Laut juga mengangkat Presiden RI Joko Widodo dan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi menjadi Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan serta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada tanggal 22 Februari 2018.

Pengangkatan Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut adalah sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada tokoh yang dianggap memberikan kontribusi dan perhatiannya yang tulus kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, penghargaan tersebut juga sebagai bentuk apresiasi atas keteladanan jiwa, sikap, semangat dan komitmen yang tinggi yang diberikan kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Sebelum proses pengukuhan sebagai warga kehormatan, terlebih dahulu dilaksanakan Latihan Pendaratan Amfibi, dimana Kasal ikut melaksanakan pendaratan dengan menggunakan kendaraan tempur Amfibi Marinir LVT-7, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan demo Pertempuran Jarak Dekat (PJD) serta penembakan senjata bantuan Meriam Howitzer 105.

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Bagi saya pribadi, upacara ini terasa sangat membanggakan, karena di hadapan sebuah parade tempur prajurit petarung dengan penuh keyakinan dan kebanggaan”, tuturnya.

“Saya mendapatkan anugerah yang sangat membanggakan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir, yang ditandai dengan penyematan Baret Ungu Kebanggaan Korps Marinir, Brivet Intai Amfibi Marinir dan Brivet Anti Teror Detasemen Jalamangkara”, bangganya.

“Ketika rakyat dan bangsa kita membutuhkan yang terbaik mereka sebut Marinir, ketika keamanan negara terancam kami mengandalkan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, ketika Ibu Pertiwi memerlukan, kami mengirim Korps Marinir TNI Angkatan Laut,” tegas Kasal.

Korps Marinir TNI Angkatan Laut adalah kekuatan tempur elit TNI Angkatan Laut yang sangat khusus kapan saja dimana saja tidak peduli saat krisis atau ada ancaman bangsa ini akan memiliki satu pikiran kirim Marinir,”, pungkaanya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) TK III (L-3) Koarmada I yang melibatkan Armada, Marinir, Puspenerbal, Kolinlanmil dan Pangkalan yang mulai digelar dari tanggal 22 Juli 2020 yang semuanya merupakan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu).

Setelah acara tersebut Kasal menghadiri kegiatan Bhaksi Sosial berupa pengobatan umum gratis, bagi-bagi sembako kepada masyarakat setempat. Kegiatan tersebut disuguhkan atraksi terjun payung, flaying pass serta masyarakat diberi kesempatan manaiki ranpur LVT-7.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali,S.E., M.M., Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono,S.E., M.M., Aslog Kasal Laksda TNI Moelyanto, M.Si (Han), Pangkoarmada I Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono,S.E., M.M., Pangkolinlamil Laksda TNI A.Rasyid A, S.E., M.M., Kapolda Kepri Danalantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., Pejabat TNI Angkatan Laut lainya, Bupati Lingga, Para Komandan Korps Marinir dari masa ke masa, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Ketua Korcab IV DJA I Ny. Indarto Budiarto.

(dispen/daliful)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *