Update 28 Juli 2020 di Batam, Tambah 5 Kasus Baru Covid-19

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Senin, 28 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 5 (lima) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang perempuan warga pendatang serta 1 (satu) orang perempuan dan 2 (dua) orang laki-laki warga Kota Batam.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.MRS” usia 19 tahun, Mahasiswa, beralamat di Kawasan Perumahan Fanindo, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 279 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 21 Juli 2020 memeriksakan dirinya ke Puskesmas dengan keluhan kehilangan rasa penciuman (Anosmia) yang dirasakan setelah sembuh dari pilek tiga hari sebelumnya.

Sesuai dengan keluhannya tersebut dokter melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya “Reaktif”. Mengingat lokasi tempat tinggal yang bersangkutan berada di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Uncang maka pengawasan dan penanganan selanjutnya dilakukan oleh Puskesmas Tanjung Uncang.

Berdasarkan hasil RDT tersebut Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Tanjung Uncang mengevakuasi yang bersangkutan ke rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Galang guna dilakukan perawatan lebih intensif.

Kemudian setelah dilakukan perawatan di rumah sakit tersebut berturut-turut pada tanggal 23 – 24 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang pertama dan kedua, dimana untuk hasil pemeriksaan swab pertama diketahui Terkonfirmasi “Negatif” sedangkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua yang diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2. Seorang perempuan berinisial “Nn.TN” usia 23 tahun, Anggota POLRI/POLWAN, beralamat sementara di Kawasan Perumahan Anggrek Mas 3, Batam Centre Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 280 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan warga Kota Bogor Jawa Barat yang berkunjung ke rumah Tantenya di Batam. Sehubungan rencana keberangkatan ke tempat tugasnya, yang bersangkutan pada tanggal 25 Juli 2020 melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri di RS Bhayangkara Batam yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam persiapan evakuasi guna di tempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

3. Seorang perempuan berinisial “Ny.DES” usia 22 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat sementara di Kawasan Perumahan Bukit Senyum Jalan Kuda Laut, Batu Ampar, Kelurahan Sungai Jodoh, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 281 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan warga Kabupaten Demak Jawa Tengah yang berkunjung ke rumah Saudaranya di Batam. Sehubungan dengan rencana keberangkatannya menggunakan pesawat udara ke Semarang, yang bersangkutan pada tanggal 23 Juli 2020 melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di Klinik Husadatama Batam yang hasilnya “Reaktif”.

Mengingat hasil pemeriksaann tersebut pihak klinik menyerahkan penanganan selanjutnya ke Puskesmas Tanjung Sengkuang sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya.

Kemudian oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang bersangkutan diedukasi agar melaksanakan isolasi secara mandiri di rumahnya, namun yang bersangkutan kembali melakukan pemeriksaan RDT untuk second opinion pada Klinik Medilab Batam dengan hasil kembali diperoleh “IgG Reaktif, IgM Non Reaktif”.

Berdasarkan hasil RDT tersebut maka pada tanggal 25 Juli 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

4. Seorang perempuan berinisial “Ny.DSG,Br.R” usia 32 tahun, Karyawan BP Batam, beralamat di kawasan perumahan The Central Sukajadi Residence, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 282 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 21 Juli 2020 memeriksakan dirinya ke RS Elisabeth Lubuk Baja dengan keluhan demam sejak satu minggu sebelumnya.

Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap disertai Rontgen Thorak dengan hasil kesan ;”Pneumonia, DD.TB Pulmo”.

Kemudian pada tanggal 25 Juli 2020 dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “IgM & IgG Reaktif” dan diteruskan dengan pengambilan swab tenggorokan yang pertama dan yang diikuti pada keesokan harinya untuk yang kedua.

Pemeriksaan terhadap swab tenggorokan yang pertama maupun swab yang kedua diterima dan diketahui hasilnya pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif stabil dan saat ini masih dalam di ruang perawatan isolasi/karantina di RS Elisabeth Lubuk Baja Batam guna menjalani perawatan dan pengobatan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya.

5. Seorang laki-laki berinisial “Tn.EE” usia 56,5 tahun, Anggota POLRI, beralamat di Kawasan Perumahan Anggrek Mas 3 Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 283 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 25 Juli 2020 memeriksakan diri ke UGD RS Awal Bros Batam dengan keluhan demam disertai sesak nafas sejak satu minggu sebelumnya dengan tingkat kesadarannya apatis.

Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap dan RDT yang hasilnya diperoleh “Non Reaktif” disertai CXR dengan hasil ;” Pneumonia”.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang diperoleh tersebut dokter pemeriksa menegakkan Diagnosanya “Respiratory Failure ec. Susp Pmeumonia + Febris H VII + Probable Covid-19” untuk kemudian yang bersangkutan harus dilakukan perawatan di ruang isolasi ICU dengan terpasang ventilator.

Selanjutnya, pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif tidak stabil dan saat ini masih di tempatkan di ruang perawatan isolasi ICU rumah sakit Awal Bros guna menjalani perawatan yang intensif untuk menangani gangguan kesehatan yang dialaminya.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam. H. Muhammad Rudi.

(Metrobatam.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *