Update 6/7/2020 di Batam, Tambah 1 Kasus Baru Positif Covid-19 dan 5 Orang Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Pada hari ini Senin, 06 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus re-infeksi di Kota Batam. Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 1 (satu) orang laki-laki.

Berikut disampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn. DH” usia 46 tahun, Karyawan Bank BUMN di Pekanbaru Riau, beralamat di kawasan perumahan Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus re – infeksi Covid-19 Nomor. 241 Kota Batam.

Bacaan Lainnya

Yang bersangkutan sebelumnya merupakan kasus terkonfirmasi positif nomor. “181” yang sudah dinyatakan sembuh pada tanggal 20 Juni 2020 yang lalu dan harus menjalankan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 (empat belas) hari yang akan berakhir pada tanggal 04 Juli 2020.

Namun pada tanggal 30 Juni 2020 sebelum berakhirnya masa isolasi yang bersangkutan telah keluar rumah dan pergi ke RS Budi Kemuliaan Batam untuk melakukan pemeriksaan swab Tenggorokan (PCR) ulang secara mandiri untuk keperluan persyaratan penerbangan ke Pekanbaru guna kembali bekerja.

Hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Prodia Batam yang diterima pada hari ini menyimpulkan bahwa yang bersangkutan kembali terkonfirmasi “Positif”.

Berdasarkan anamnesa yang dilakukan yang bersangkutan mengatakan selama dalam masa isolasi mandiri di rumahnya tidak pernah melakukan aktifitas di luar rumah kecuali pada saat aktifitas olah raga ataupun berjemur dan itupun dilakukan hanya disekitar halaman rumahnya saja.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import, hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

5 Orang Dinyatakan Sembuh Coid-19.

Pada hari ini Senin, 6 Juli 2020 Perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batam menuju trend positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif sembuh yang merupakan warga Kota Batam terkonfirmasi positif Nomor. 115, 156, 161, 213 dan 217 yang saat ini dalam perawatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam.

Berikut disampaikan daftar nama yang bersangkutan beserta kronologis hasil pemeriksaan swab yang diterima dari BTKLPP Batam, sebagai berikut :

Dengan demikian berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Saat ini kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari.

Demikian Press release ini disampaikan untuk dapat dimaklumi.

(Metrobatam.com)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *