BPJS Kesehatan Siap Mendata Peserta yang Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

Metrobatam.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan siap mendata para peserta yang akan mendapatkan vaksin gratis. Hal ini seiring arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir.

Erick mengatakan, sudah mempunyai rencana untuk pendistribusian vaksin Covid-19. Dia mengaku sudah punya dua skema pemberian vaksin. Bagi peserta BPJS Kesehatan, vaksin Covid-19 akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

“Kalau soal data peserta, BPJS Kesehatan sudah ada dan ready datanya. Semua data transaksi pelayanan kesehatan program JKN-KIS ada di BPJS Kesehatan,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf saat dihubungi di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan, bakal ada 30 juta dosis vaksin yang akan diperoleh pemerintah dari perusahaan G42 asal Uni Emirat Arab (UEA) dan perusahaan Sinovac asal Cina pada akhir tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dua BUMN yakni PT Bio Farma dan PT Kimia Farma terus menjalin komunikasi intensif dengan perusahaan China dan Uni Emirat Arab (UEA) terkait pengadaan vaksin.

“Kalau satu orang memerlukan dua dosis, maka 15 juta orang yang akan divaksin di akhir 2020, kalau uji klinisnya berjalan dengan baik,” katanya.

Kendati demikian, Erick menjelaskan terkait uji klinis vaksin Covid-19 ini masih terus dilakukan. Rencananya, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional akan mengambil sejumlah langkah strategis di sektor kesehatan untuk mencegah penyebaran virus dan penanganan dampak pandemi Covid-19 pada 2021.

Salah satunya, memperkuat kerja sama dengan negara lain untuk memperoleh vaksin lebih banyak lagi.

“Di tahun 2021 sendiri, total komitmen ini kita masih meng-arrange, ada yang 290 juta sampai 340 juta,” tandasnya.

(sumber: okezone)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *