Upacara HUT ke-75 RI akan Digelar di Dataran Engku Putri, Kota Batam.

Gladi bersih Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Dataran Engku Putri, Kota Batam.

Metrobatam.com, Batam – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dipastikan akan digelar di Dataran Engku Putri, Kota Batam. Rangkaian setiap kegiatan sudah disiapkan dengan matang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama instansi pemerintah lainnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang akan bertindak sebagai inspektur upacara, turun langsung untuk memastikan bahwa persiapan HUT ke-75 RI di Kota Batam telah sesuai dengan yang direncanakan. Mulai dari pasukan pengibaran bendera merah putih hingga pelaksanaan protokol kesehatan.

“Hari ini kita gladi bersih dan alhamdulillah berjalan dengan baik,” kata Rudi, Jumat (14/8).

Pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI tahun ini sedikit berbeda jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat sampai hari ini masih pandemi Covid-19, itu sebabnya sejak awal pihaknya selalu menekankan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Baik petugas upacara, tamu undangan serta seluruh peserta upacara wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Tahun ini jumlah tamu undangan juga dibatasi atau lebih sedikit jika dibandingkan tahun 2019 lalu. Namun demikian pihaknya berharap hal ini tidak mengurangi kemeriahan perayaan HUT ke-75 RI di Kota Batam.

“Kursi tamu undangan juga sudah diatur jarak aman Covid-19,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekda Kota Batam Jefridin dan Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto. Kemudian Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Sebelumnya seluruh petugas upacara juga sudah dilakukan rapid tes. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa petugas upacara bebas dari virus corona.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Said Khaidar mengatakan rapid tes dilakukan sejak Kamis (13/8/2020) pagi, terhadap pemain, pelatih dan juga pembina marching band. Dengan total 68 orang di panggung utama Dataran Engku Putri Batam.

Kemudian petugas upacara seperti Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Totalnya 97 orang, rinciannya Paskibra 75 orang dan dari Yonif Raider 12 orang.

“Ini sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. ” katanya.

(mcb/mb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *