oleh

LPPKI Bukittinggi Siap Melindungi Hak-hak Konsumen

Metrobatam.com, Bukittinggi – Di tengah keterpurukan ekonomi masyarakat di saat ini pada masa covid-19 melanda seluruh negeri dan banyaknya keluhan masyarakat dari berbagai kalangan terutama masyarakat  ekonomi ke bawah mengalami penurunan omset dari usaha apalagi yang berpropesi sebagai ojol serta taxi online, bahkan keluhan ini banyak yang berhubungan dengan pembayaran atau pun cicilan motor hingga cicilan mobil dan cicilan lainnya.

Andri salah satu karyawan swasta yang sehari-harinya sebagai ojol di kota Bukittinggi mengatakan, sangat mengeluhkan penurunan pendapatannya akibat wabah Covid-19 yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Bahkan untuk cicilan motor sudah beberapa bulan ini menunggak dan sering ditelpon oleh pihak leasing

Keprihatinan keterpurukan ekonomi saat ini Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) suatu lembaga NGO non goverment yang bergerak di bidang jasa, akan siap membantu dan bekerjasama dengan konsumen, selagi konsumen tersebut kooperatif dan sportif terhadap perjanjian perjanjian fidusia dengan pihak leasing.

Hal ini diungkapkan oleh Frant Saddrosn,SE,SH, selaku ketua DPC LPPKI Kota Bukittinggi yang berprofesi sehari hari sebagai pengacara,

“LPPKI kota Bukittinggi ini bertujuan untuk membantu masyarakat bernegosiasi dengan pihak leasing sesuai dengan aturan dan peraturan undang-undang fidusia agar pihak leasing tidak seenaknya mengunakan pihak dept colector menarik paksa kendaraan masyarakat yang menunggak dalam cicilannya,” ujar Frant

“Dalam POJK nomor 35 pasal 65 berbunyi, pegawai dan/atau tenaga alih daya perusahaan pembiayaan yang menangani fungsi penaggihan dan eksekusi agunan wajib memiliki sertifikat profesi di bidang penagihan dari Lembaga Sertifikasi Profesi di bidang pembiayaan yang terdaftar di OJK,” ungkapnya.

“Sertifikasi profesi bagi debt collector tersebut biasanya dikeluarkan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI),” jelasnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan jasa dalam hal ini bisa mendatangi langsung ke kantor LPPKI kota Bukittinggi yang  beralamat di jalan H. Miskin, Nomor 71, Palolok, Bukittinggi,” pungkas Frant. (Basa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed