Silaturahmi ke Bakamla, Bahtiar Bicarakan Pilkada Kepri dan Keamanan Nelayan

Metrobatam.com, Batam – Pjs. Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mengajak Bakamla bersama-sama menjaga keamanan dan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri di Desember 2020 nanti. Menurut Bahtiar kesuksesan Pilkada Kepri adalah harapan seluruh masyarakat, sehingga semua elemen memiliki kepentingan untuk menjaga dan mensukseskannya.

“Sebagai penyelenggara pemerintahan, tugas kita adalah memastikan jika Pilkada tahun ini berjalan dengan lancar, serta berlangsung dengan sehat. Mengingat Pilkada kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19,” kata Bahtiar saat berkunjung ke Kantor Kamla Zona Maritim Barat di Sekupang, Kota Batam Provinsi Kepri, Rabu (7/10).

Menurut Bahtiar, pelaksanaan Pilkada sehat adalah tugas utama yang harus disukseskan bersama. Karenanya, Bahtiar mengaku sengaja bersilaturahmi ke kantor Bakamla guna memastikan Pilkada Kepri berjalan damai dan sehat.

“Dalam Pilkada sehat, protokol kesehatan mutlak ditegakan. Salah satunya, tidak ada kerumunan massa, pengadakan pertunjukan musik yang berpotensi mendatangkan massa. Juga tidak dibolehkan ada pertemuan massa dalam jumlah yang banyak,” tegas Bahtiar.

Bacaan Lainnya

Adapun yang diperbolehkan menurut Bahtiar adalah pertemuan terbatas dengan maksimal berjumlah 50 orang. Bahtiar yang juga Dirjen Polkum Kememdagri ini, dalam kesempatan ini berharap agar Bakamla turut serta menjamin keamanan nelayan Kepri dari ancaman dan gangguan yang dilakukan oleh para pelaut asing yang sering melakukan ilegal fishing dan selalu mengganggu nelayan lokal.

“Padalah nelayan kita mengambil ikan masih di wilayah perairan sendiri. Para pelaku ilegal fishing ini perlengkapannya tangkap ikan mereka lebih bagus dan kapal yang digunakan juga dilengkapi peralatan modern,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksamana Pertama Bakamla Hadi Pranoto menejelaskan. Salah satu tugas Bakamla adalah melakukan patroli kemanan dan keselamatan laut diseluruh wilayah perairan Indonesia.

“Tugas kita adalah untuk melakukan penjagaan dan pengawasan diwilayah laut. Dimana kita menegakan penjagaan keamanan laut dari gangguan yang dilakukan pihak-pihak asing yang mengusik teritorial kita,” katanya.

Meski begitu sambung Hadi, tugas Bakamla berbeda dengan TNI AL. Karena kalau TNI AL tugas utamanya sudah adalah menjaga kedaulatan dan majamin keamanan wilayah NKRI.

Terkait dengan tugas pelaksanaan Pilkada, Bakamla juga mengaku selalu siap membantu pelaksanaan demokrasi pemilihan kepala daerah. Salah satunya siap membantu pengiriman logistik Pilkada ke wilayah Kepri.

“Selagi diminta dan sesuai prosedur kita siap untuk membantu,” tegasnya. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *