Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Panen Raya Ikan Kerapu Keramba Jaring Apung

Tanjungpinang (Metrobatam.com) – Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan Sektor Laut di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., bersama Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri, Kepala Balai Karantina Ikan Pengawasan Mutu, menggelar Panen Raya Ikan Kerapu di Kampung Bahari Nusantara, Tanjung Lanjut Kampung Bugis, Kepri, Rabu pagi (11/11/2020).

Tanjung Lanjut Kampung Bugis merupakaan salah satu daerah yang termasuk dalam Kampung Bahari Nusantara binaan Lantamal IV, dimana telah dilaksanakanpembinaan kepada masyarakat pembudidaya ikan kerapu Keramba Jaring Apung (KJA) salah satunya adalah Bapak Akim yang memiliki KJA sebanyak 50 buah.

Danlantamal IV Tanjungpinang melalui Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay mengatakan “Para petani ikan kerapu disini, memperoleh bibit ikan dari Pulau Dewata Bali dengan ukuran sebeser 10 cm, kemudian dipelihara sampai siap panen”, ujarnya.

Kadispen Lantamal IV juga mengatakan “ Pada tahun 2020 ini KJA milik Bapak Akim sudah melaksanakan panen sebanyak 3 kali, dan saat ini adalah panen yang ke empat dengan jumlah panen seberat 2 ton lebih atau kurang lebih jumlah ikan kerapu sebanyak 420 ekor dengan berat ikan per ekornya 5 kg”, sebutnya.

Bacaan Lainnya

“Selain untuk pemenuhan Ketahanan Pangan bagi keluarga besar Lantamal IV dan masyarakat binaan Lantamal IV, panen ikan juga diekspor ke Negara Singapura, dan untuk pengembangan usah ini, Potmar Lantamal IV juga membina budidaya ikan di Kijang Bintan, dan rencana pengembangan selanjutnya ke Dabo Singkep Lingga Kepri”, pungkas Kadispen Lantamal IV.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, S.H., Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV.

(dispen)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *