Suka Bersin saat Bangun Tidur? Ini Cara Mencegahnya

Metrobatam.com (Mb) – Apakah kamu tiba-tiba bersin atau pilek ketika bangun tidur di pagi hari? Anda mungkin bingung kenapa hal ini bisa terjadi, meskipun sebelum tidur kita tidak mengalami gejala pilek.

Tapi, siapa sangka hal itu bisa terjadi karena Anda stres. Ya, ketika tidur, temperatur tuuh kita akan menurun, tapi dengan stres yang menumpuk, maka imunitas tubuh kita tidak siap untuk melawan virus dan bakteri.

“Ketika Anda sedang tertekan, sistem kekebalan Anda menurun, sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri,” kata Internist dari Amerika Serikat Sandra Adamson Fryhofer, MD seperti dilansir dari Menshealth.

Di samping itu, peneliti Universitas Wisconsin menyebutkan, cara ampuh untuk mengatasi stres tersebut dapat dengan melakukan meditasi. Nah, kalau sudah merasa tenang, biasanya alergi udara bisa menurun sekira 35%-60% dengan sendirinya.

Bacaan Lainnya

Nah, jika Anda masih mengalami hal ini, coba deh ritual-ritual sederhana sebelum tidur di malam hari

Mandi air hangat

Uap dari mandi air hangat dapat melembabkan tenggorokan dan saluran hidung. Selain itu, cara ini juga bikin tidur tak mampet. Berdasarkan studi, mandi air hangat dapat merelaksasi otot And jadi tetap nyaman.

Berkumurlah dengan air garam

Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari, terutama saat cuaca dingin. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan dan melegakan tenggorokan. Campurkan dan larutkan sekira setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Minum banyak air putih

Asupan air putih dapat mencerkan lendir di tenggorokan yang sangat mengganggu. Kamu harus melakukan sebelum tidur malam dan bangun tidur di pagi hari. Tapi hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein ya!

“Hidrasi membantu menjaga saluran hidung lembab, sehingga mereka benar-benar dapat menyingkirkan partikel kecil dari bakteri,” tambah Dr Fryhofer.

(mrt/okezone)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *