Warga Alor Kota Batam Persembahkan Tarian Cakalele dan Selendang Merah untuk Soerya Respationo

Batam (Metrobatam.com) – Tarian Cakalele ditampilkan warga Alor dari beberapa daerah Kota Batam saat mendatangi kediaman Soerya Respationo untuk memberikan dukungan, Kamis (19/11) malam.

Calon Gubernur Kepri nomor urut 1 ini pun mendapatkan selendang kehormatan berwarna merah dari warga Alor. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai covid-19.

Rahman Ismail sebagai Ketua Sanggar Seni Budaya Gunung Besar Nusa Tenggara Timur yang ada di Batam mengatakan, Tarian Cakalele khas asal Alor Nusa Tenggara Timur biasanya dilakukan untuk persiapan peperangan saat mengahadapi musuh. Namun, saat ini karena tidak ada lagi peperangan maka tarian Cakalele dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan.

“Karena Romo sangat kita hormati, makanya tarian ini wajib kita lakukan dalam bentuk penyambutan Romo dan juga selendang diberikan sebagai bentuk penghormatan kami,” ujar pria berbadan gempal ini.

Bacaan Lainnya

Rahman atau pria yang disapa Ajis ini berharap, jika Romo terpilih nanti agar bisa mengayomi dan melestarikan budaya NTT di Kepri khususnya Batam. Karena selama ini, semua peralatan kebudayaan belum dimiliki Sanggar dan selama ini setiap kegiatan masih meminjam kepada perorangan.

“Kami berharap sangat, jika Romo terpilih nanti bisa memfasilitasi peralatan kesenian kami,” katanya berharap.

Pantauan di kediaman, usai melakukan tarian Cakalele Romo juga sangat antusias dan sangat tertarik dengan kebudayaan Cakalele yang sangat langka ini. Bahkan, Romo juga berfoto bersama para penari sambil memegang busur dan panah juga Pedang.

Usai melakukan foto bersama, semua simpatisan meneriaki Sinergi Menang, menang menang. (bd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *