Waspada! Fenomena Tanah Bergerak di Koto Rantang Palupuah

Agam (Metrobatam.com) – Pj Wali Nagari Koto Rantang, Mai Refni ingatkan masyarakat tetap waspada terhadap fenomena alam tanah bergerak yang terjadi di kawasan Mudiak Sanok, Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh.

Analisis sementara gejala alam tanah bergerak di Bukit Gurun Solok dan Gurun Tambaliak terjadi karena berada di jalur zona sesar atau patahan.

“Berdasarkan hasil pengamatan awal bersama pihak BMKG Unit Observasi Global Atmospherik Watch (GAW) Koto Tabang dan Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Agam tanah bergerak berada di jalur patahan,” ujarnya saat dihubungi awak media, Senin (9/11/2020).

Lebih lanjut dipaparkan, fenomena tanah bergerak tersebut sudah terjadi sejak tahun 2017 silam. Saat ini, kondisi dan garis retakan makin panjang dan melebar.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengamatan, panjang retakan tanah sudah mencapai 1 Kilometer. Pergeseran tanah melingkari pinggang bukit yang melalui persawahan dan perkebunan masyarakat.

“Dalam kurun waktu terakhir pergeseran tanah makin terlihat, ditambah curah hujan yang cukup tinggi,” katanya.

Mengingat patahan yang terus melebar dan menganga, pihaknya mengingatkan warga yang berada di pemukiman dekat patahan untuk selalu waspada. Kondisi tanah perbukitan yang menganga dan kondisi cuaca yang tidak stabil, pihaknya khawatir terjadi bencana longsor.

“Kami menghimbau masyarakat yang berada di dekat patahan, untuk tetap waspada dengan potensi terjadinya bencana,” sebutnya.

(depit/amc/basa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *