7 Bulan ke Depan Stok Air di Batam Aman

Metrobatam.com, Batam – Waduk yang menyimpan air baku di Batam penuh. Oleh karena itu stok air di Batam aman hingga 7 bulan ke depan.

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi warga Batam. Hal itu karena debit air di 6 waduk yang menyimpan air baku penuh.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam Binsar Oktavidwin Tambunan mengatakan 3 waduk bahkan kapasitasnya berlebih.

“Waduk Seiladi full malah over 3 cm, waduk Nongsa full over 4 cm dan waduk Tembesi full over 12 cm. Sedangkan waduk Seiharapan full,” kata Binsar, Kamis (7/12/2021) dalam konfrensi pers di Marketing centre BP Batam.

Bacaan Lainnya

Sedangkan waduk Duriangkang hampir penuh hanya minus 43 cm, dan Waduk Mukakuning minus 53 cm. Rata-rata perharinya waduk-waduk tersebut diisap 2-5 cm perhari untuk kebutuhan air bersih di Batam.

Direktur Moya Batam Sutedi Raharjo mengungkapkan Batam yang diguyur hujan beberapa waktu lalu membawa berkah. Sebab membuat sumber air baku pada level maksimal.

“Kami bersyukur sekali. Sampai bulan 7 stok air untuk Batam masih aman. Mudah-mudahan kalau kontrak awal transisi sampai 6 bulan, tentu SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Batam tak terkendala dalam proses penyediaan air baku,” ungkap Sutedi. (Ip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *