oleh

Bea Cukai Batam Siap Uji Coba Sistem TPS Online dan Auto Gate System Pelabuhan Batu Ampar Minggu Depan

-BATAM-949 views

Metrobatam.com, Batam – Pengembangan Batam Logistic Ecosystem (BLE) semakin menunjukkan langkah yang progresif. Sistem TPS Online dan Auto Gate System yang merupakan infrastruktur penunjang BLE direncanakan akan diuji coba pada Selasa (13/01) minggu depan di Pelabuhan Batu Ampar.

Hal ini disampaikan dalam rapat virtual pembahasan progress report BLE yang dihadiri oleh Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai DJBC, Bea Cukai Batam, dan BP Batam pada Jumat (08/01).

Serangkaian uji coba sebelumnya  telah dilakukan. Uji coba tersebut meliputi uji coba pertukaran data antara Sistem IT TPS BP Batam dengan Auto Gate System serta uji coba Sistem IT TPS BP Batam dengan Sistem TPS Online Bea Cukai. Kedua uji coba tersebut berjalan dengan baik, sending-receive berhasil, baik untuk data yang sudah valid maupun temporary.

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam menyampaikan bahwa instalasi auto gate system sudah terpasang di Pelabuhan Batu Ampar. Direncanakan pada hari Selasa (13/01) akan dilakukan uji coba real dengan Sistem IT TPS BP Batam – Sistem TPS Online Bea Cukai – Auto Gate System.

Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai Batam, Hery Rusdaman, menyampaikan, ini merupakan improvement yang luar biasa, instalasi auto gate system sudah dipasang, semoga uji coba dapat berhasil dan berjalan dengan lancar

“Selain Sistem TPS Online dan auto gate system, platform trucking juga merupakan infrastruktur penunjang lainnya dari BLE. Melalui platform trucking ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha dalam mencari dan memesan jasa trucking serta transparansi harga lebih terbuka,” ungkapnya.

“Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-10/BC/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara, mandatory TPS Online dijadwalkan pada tanggal 1 Januari 2021 dan mandatory auto gate system tanggal 1 Juli 2021,’ tutupnya.  (toni/hmsbcbatam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed