bright PLN Batam Putus Jaringan TV Kabel

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Batam – bright PLN Batam melakukan pemutusan atau penertiban pada beberapa jaringan kabel milik perusahaan televisi kabel berlangganan di Kota Batam pada Rabu, 24 Februari 2021. Vice President of Public Relation bright PLN Batam, Bukti Panggabean menjelaskan pemutusan kabel tersebut  yang selama ini menumpang pada tiang listrik bright PLN Batam, hal tersebut  terkait dengan pemenuhan aspek legalitas perusahaan penyedia layanan tersebut.

“Berdasarkan dengan Peraturan Menteri ESDM No 036 tahun 2013 tentang Tata Cara Permohonan Izin Pemanfaatan Jaringan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan Telekomunikasi, Multimedia, dan Informatika bahwa konsep model kerjasama pemanfaatan tiang listrik PLN Batam oleh para penyelenggara TV kabel dapat dilakukan selama ada Izin Pemanfaatan Jaringan (IPJ) Telematika,” jelas Bukti.

Bacaan Lainnya

“Terkait pemutusan pada beberapa jaringan TV kabel yang kami lakukan kemarin, pada kesepakatan awalnya pengusaha TV kabel tersebut minta izin penggunaan infrastruktur tiang bright PLN Batam dengan membayar uang sewa dalam bentuk kerjasama, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa pihak mitra TV kabel tidak dapat menunjukkan aspek legalitas usahanya. Sehingga hal ini membahayakan bright PLN Batam karena bisa terindikasi melindungi usaha yang  ilegal,” tuturnya lagi.

Saat ini bright PLN Batam telah memutuskan sementara jaringan TV Kabel dan diharapkan dalam waktu dekat Penyedia Layanan dapat memenuhi aspek legalitas tersebut sehingga jaringan dapat disambung kembali dan pada akhirnya dapat menjalin kemitraan yang baik dengan bright PLN Batam kedepannya.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 036 tahun 2013 tersebut, fungsi utama tiang listrik bright PLN Batam adalah dalam rangka distribusi sistem ketenagalistrikan bagi masyarakat. Namun selama pemanfaatan untuk Telematika tidak sampai mengganggu penyaluran sistem ketenagalistrikan bright PLN Batam, hal tersebut boleh dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengaturan dan pengelolaan jaringan dan kerjasama yang baik antara bright PLN Batam dan pengusaha TV kabel,” pungkas Bukti. (r)

  • Whatsapp

Pos terkait