Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid Kampus III Universitas UMSB Bukittinggi

Metrobatam.com, Bukittinggi РBertempat di Gedung Kampus III Bukittinggi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Aur Kuning, Wali kota M. Ramlan Nurmatias dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menandatangani Kesepakatan Bersama  Pemko Bukittinggi dengan UMSB sehubungan dengan Kerjasama di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Pada hari Kamis (11/2/21).

Wali kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias mengatakan, kerjasama tersebut diharapkan menjadi awal dari masa depan yang gemilang untuk pengembangan pendidikan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Universitas Muhammdiyah Bukittinggi satu-satunya merupakan kampus terbesar yang berada di kota Bukittinggi, berdiri pada tahun 1955. Penggabungan Sekolah Tinggi Muhammadiyah di Sumatera Barat, di antaranya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Padang Panjang, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Payakumbuh, dan Akademi Manajemen (AMA) Muhammadiyah Padang.

Cikal bakal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, resmi berdiri pada tanggal 18 November 1955, ditandai dengan diresmikannya Fakultas Falsafah dan Hukum di Padang Panjang oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah AR. Sutan Mansur. Rektor pertama adalah Dr. H. Ali Akbar dan sebagai Dekan adalah Drs. Danuhusodo, kemudian dilanjutkan oleh Mr. Ezidin. Fakultas, ini sekaligus menandai berdirinya Universitas Muhammadiyah pertama di Indonesia.

Pembangunan demi pembangunan terus dilakukan untuk menunjang kenyaman proses perkuliahan bagi mahasiswanya. Hingga akhirnya pembangunan mesjid Muhammadiyah atas wakaf H.Hendri dan keluarga, pengusaha dari kota Bukittinggi dengan anggaran lebih kurang 2 miliyar.

Pada kesempatan yang sama, Wako Ramlan juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan mesjid Kampus III Bukittinggi UMSB.  Peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh-tokoh diantaranya, Irman Gusman dan Zulpardi Gaus.

Dalam sambutannya Wali kota Bukittinggi sangat mengapresiasi atas wakaf dari H.Hendri untuk pembangunan Mesjid Muhammadiyah.

“Mudah mudahan¬† H.Hendri beserta keluarga dapat limpahan rahmat dari ALLAH SWT,” ujar Ramlan.

“Harapan kedepannya setelah pembangunan mesjid ini bisa dijaga dan juga dimakmurkan,” tutup Ramlan.

(basa)

Pos terkait