Pemerintah Amankan Stok Kebutuhan Vaksinasi Petugas Publik

(Sumber Foto: InfoPublik)

Metrobatam.com, Jakarta – Pemerintah terus menambah pasokan vaksin untuk memenuhi program vaksinasi COVID-19, Selasa (2/2/2021) Indonesia kedatangan lagi 10 juta Vaksin COVID-19 dalam bentuk bulk dan 1 juta vaksin untuk kebutuhan overfilled dari Sinovac.

Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan saat menerima vaksin COVID-19 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Selasa (2/2/2021) mengatakan dengan kedatangan ini, total vaksin yang telah diterima Indonesia adalah sejumlah 28 juta vaksin.

“Kedatangan vaksin tahap keempat ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhiri pandemi melalui program vaksinasi gratis. Rencananya, vaksin ini dialokasikan untuk vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas publik di seluruh Indonesia,” kata Oscar.

Selain itu juga komitmen Pemerintah dalam mengamankan kebutuhan vaksin melawan COVID-19 khususnya untuk tahap kedua vaksinasi ditujukan kepada 17,4 juta petugas publik. Tahap pertama vaksinasi COVID-19 yang diperuntukkan bagi 1,5 juta tenaga kesehatan (nakes) dinilai telah tercukupi dengan stok yang telah ada.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Pemerintah Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan hingga saat ini vaksinasi telah dilakukan kepada lebih dari 500 ribu nakes dan tahap kedua untuk total 1,5 juta nakes diharapkan selesai sebelum akhir Februari 2021.

Juru Bicara Pemerintah Vaksinasi COVID-19 dari Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan sesuai dengan prosedur dan standar yang telah ditetapkan, vaksin tahap keempat yang datang ini selanjutnya akan diolah Bio Farma sesuai standar WHO untuk kemudian disalurkan ke daerah.

“Vaksinasi adalah harapan semua bangsa di dunia untuk bersama bangkit dari pandemi COVID- 19. Tetap disiplin 3M, karena protokol kesehatan ditambah dengan vaksin merupakan upaya lengkap dalam menekan angka penyebaran virus COVID-19 di Indonesia,” kata Oscar. 

(Ip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *