Tim Gabungan Satops Patnal Deteksi Dini Serta Langkah Nyata P4GN di Lapas Kelas IIA Narkotika Tanjungpinang

banner 468x60

Metrobatam.com, Bintan – Seiring dengan meningkatnya gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di Rutan/Lapas saat ini, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau melalui Tim gabungan Satops Patnal melaksanakan deteksi dini serta langkah nyata dalam hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), Rabu (10/2/21).

Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI yang telah mengeluarkan surat edaran dengan nomor : ITJ-25. OT. 02.01-Tahun 2020 melalui penggeledahan kamar blok hunian.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diawasi langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Ibu Dwinastiti, Bc.IP., S.Sos., M.M dan didampingi Kalapas Bapak Wahyu Hidayat, Bc.IP, SE, M.Si. Tim gabungan terdiri dari Tim Satops patnal Kanwil Kepri, Satops patnal Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dan Anggota Kepolisian Resort Bintan. Razia gabungan ini dilakukan di Lapas Kelas IIA Narkotika Tanjungpinaang. Pada kesempatan kali ini petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang diminta untuk membantu penggeledahan tersebut.

Personil yg melakukan penggeledahan berjumlah lebih dari 90 orang dibagi menjadi beberapa tim yang menyusur setiap-setiap blok hunian Lapas. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang No : W.32.PAS.PAS1.PR.04.05-0308 tanggal 10 Februari 2021 untuk Melakukan penggeledahan gabungan bersama Tim Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Kepri.

“Tujuan dari penggeledahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan ini merupakan upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dan langkah nyata pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN), handphone, sajam dan barang-barang larangan lainnnya yang ada di dalam Lapas,” jelas Wahyu Hidayat.

Kemudian barang-barang/benda terlarang hasil penggeledahan kamar hunian akan diinventarisir dan didata untuk kemudian akan dimusnakan.

Wahyu hidayat juga berpesan kepada tim Satops Patnal Lapas Kelas IIA Tanjungpinang agar meningkatkan tusi pengamanan terutama pemeriksaan orang maupun barang yang masuk melalui pintu utama yang merupakan satu-satunya pintu masuk kedalam Lapas.

Penggeledahan dimulai pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai, berjalan dengan lancer, tertib dan aman. Semua warga binaan kooperatif saat dilakukan penggeledahan. Pelaksanaan penggeledahan juga memperhatikan protokol pencegahan perebaran Covid-19 yaitu dengan mencuci tangan, pemerikasaan suhu tubuh dan pemakaian masker.

(Budi Arf)

Pos terkait