TPAS Bukittinggi akan Dibangun di Kecamatan Palupuah

  • Whatsapp
Safnir Kadis DLH Bukittinggi (Foto: Basa Metrobatam.com)
banner 468x60

Metrobatam.com, Bukittinggi – Setelah beredar kabar akan adanya pembangunan tempat pembuangan akhir sampah kota Bukittinggi dan kabupaten Agam di Padang Hijau, timbul polemik kontra dari masyarakat yang berdekatan dengan lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS), termasuk keresahan masyarakat Jorong Batang Palupuah dan masyarakat Jorong Sitingkai, karena mengakibatkan dampak dari limbah sampah.

Saat dikonfirmasi awak media Metrobatam.com di kantor DLH Bukittinggi, Safnir menjelaskan, kalau pembangunan pembuangan sampah akhir rencananya akan dibangun di jorong Sungai Guntuang, kecamatan Palupuah, Agam, Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

“Hal ini sudah ada kesepakatan Sekretaris Daerah (Sekda) Agam, Martias Wanto dan Sekda Kota Bukittinggi Yuen Karnova, serta untuk pembangunan TPAS ini pun sudah disetujui masyarakat dengan tokoh-tokoh masyarakat,” ujar Safnir.

“Masyarakat telah menunggu kapan akan segera dibangun, karena untuk pembangunan tempat pembuangan sampah ini otomatis jalan-jalan di Sungai Guntung akan diperlebar,” ungkap Safnir.

“Pembangunan tempat pembuangan sampah ini direncanakan tahun 2020 ini, karena adanya covid maka pembangunan akan direalisasikan tahun 2021 hingga tahun 2022, termasuk mensosialisasikan ke pada masyarakat,” terang Safnir.

“Karena lokasi yang disediakan untuk pembuangan sampah ini terdapat 4 hektar,” jelasnya.

“Namun tentang polemik yang di Padang Hijau ini yang terdapat luas tanahnya 5 hektar dan berbatasan dengan Nagari Koto Rantang ini, nanti akan kita jadikan tempat pengolahan sampah kreatif, dengan menanam bibit sayuran dan buah-buahan. Itu masih dalam wacana dan perencanaan,” tutup Safnir.

(basa)

  • Whatsapp

Pos terkait