Kepri Terima Wisman, PLN Batam Apresiasi Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Metrobatam.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kesiapan Kawasan Wisata Nongsa Kota Batam dan Kawasan Wisata Lagoi Bintan untuk menerima kedatangan wisatawan luar negeri, pekan ini.

Mengapresiasi langka tersebut. “PT PLN Batam tentu sangat mengapresiasi kebijakan ini. Sebab perlahan-lahan permintaan listrik akan kembali pulih di Batam dan Kepri secara umum,” ujar Rizal dalam keteranganannya di Jakarta. Minggu (18/4/21).

Rizal mengatakan, akibat pandemi, penjualan listrik di wilayah ini utamanya untuk segmen komersial dan bisnis sempat anjlok. Namun dengan kerja keras karyawan dan manajemen PLN Batam, secara keseluruhan kinerja operasional dan keuangan perseroan terselamatkan bahkan masih melampaui target.

Dikatakannya, beberapa capaian target atau KPI (key performance indicator) berhasil diraih PLN Batam pada 2020 lalu. Salah satunya adalah realisasi penjualan tenaga listrik sistem Batam sebesar 2.443.268 MWh atau 101,27% dari target RKAP 2.412.500 MWh, serta memberikan program stimulus Covid-19 tanpa subsidi dari pemerintah.

Bacaan Lainnya

Rizal menambahkan, dengan dibukannya Kepri bagi wisman, akan kembali menggairahkan industri pariwisata di wilayah itu. “Kita tunggu saja, mal-mal, hotel-hotel, pusat belanja, kuliner, akan hidup kembali. Demand listrik akan meningkat lagi. Backbone ekonomi Kepri kan di pariwisata dan manufaktur,” ucap dia.

Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo

Sebab itu, ucap dia, tugas PLN Batam adalah menjaga keandalan pelayanan listrik ke depan. “Kita akan mempercepat pembangunan tapak tower jaringan transmisi di Batu Besar di Nongsa, kita kasih target direksi akan selesaikan September. Lebih cepat lebih baik,” ucap Rizal.

Apalagi di wilayah Nongsa ini akan menjadi salah satu basis industri kreatif terbesar di Asia Tenggara. “Di sana akan dibangun pusat film digital terbesar se Asia Tenggara. Ini kolaborasi antara Sinar Mas dan Singapura. Akan ada studio-studi film, perkantoran, hotel, dan sebagainnya yang akan menarik tenaga-tenaga muda kreatif. Tugas PLN Batam membantu industri ini,” kata Rizal yang juga Komite Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal ini.

Sebelumnya Sandiaga melakukan kunjungan ke Batam untuk melihat dari dekat kesiapan Nongsa dan Lagoi dalam rencana menerima turis luar negeri pada 21 April besok. “Saya juga ingin memastikan pelaksanaan STCA sesuai standar yang telah ditetapkan secara ketat dan disiplin tinggi,” katanya dalam rapat koordinasi Safe Travel Corridor Arrangement (STCA) atau Pengaturan Koridor Perjalanan yang Aman pada dua zona yang akan dibuka, Batam dan Bintan dengan konsep travel bubble, di Hotel Batam View Beach Resort Batam.

Dalam kesempatan itu, Sandi memuji gerak cepat Kepri dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan wisatawan luar negeri. Gerak cepat ini bahkan mengungguli Bali.

Bila tidak ada halangan kunjungan Wisman ini dibuka pada 21 April depan. Bali sendiri sesuai arahan Presiden baru akan mulai dibuka untuk kunjungan Wisman pada Juni atau Juli 2021 mendatang. Selain itu, Sandi mengingatkan untuk tegas dan disiplin dalam menjaga Covid-19 yang sudah menurun bahkan sudah bisa disebut hampir memasuki zona hijau. (**)

investor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *