BMKG Beri Peringatan Dini Terkait Cuaca Ekstrem di 21 Provinsi

Logo BMKG

METROBATAM.COM. JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 21 provinsi di Tanah Air pada Selasa (22/6/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir serta angin kencang dan badai guntur di berbagai wilayah Indonesia,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Peringatan dini dari BMKG ditujukan kepada Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, NTB, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan.

Suhu udara hari ini berkisar 17 derajat celsius hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 55% sampai 100%.

Bacaan Lainnya

Pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan berkisar 5-20 knot. Di wilayah selatan Indonesia, angin dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan 5-35 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga Enggano, perairan selatan Jawa Barat, dan Laut Arafuru.

Waspadai tinggi gelombang 4-6 meter yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa hingga NTB.

Sumber: BeritaSatu

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *