Gubernur Ansar Perluas Jangkauan Vaksinasi

Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad

 Keluarkan Edaran, Bisa Vaksinasi di Perusahan Masing-masing

METROBATAM.COM. TANJUNGPINANG – Gubernur H Ansar Ahmad semakin memperluas jangkauan vaksinasi untuk mempercepat kekebalan komunitas (herd immunity) di Kepulauan Riau. Para pekerja industri dapat mengikuti vaksinasi program pemerintah, tanpa harus menunggu vaksin gotong royong.

“Segera melakukan vaksinasi pada pekerja di kawasan industri, perusahaan dan pekerja sektor formal dan informal lainnya dengan menggunakan vaksin program yang disediakan Pemerintah secara gratis,” demikian Surat Edaran Gubernur Ansar untuk Bupati dan Wali Kota se-Kepri.

Surat Edaran bernomor 502/SET-STC19/VI/2021 itu memang secara khusus untuk Memperluas Sasaran Vaksinasi. Surat yang ditandatangi Gubernur Ansar terbit tertanggal 10 Juni 2021.

Bacaan Lainnya

Edaran ini sebagai bagian perhatian serius pemerintah pusat untuk Kepri dan Bali. Di awal pengantar disebutkan bahwa edaran surat ini untuk menindaklanjuti rapat koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi pada tanggal 8 Juni 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian bersama beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kepulauan Riau dan Gubernur Bali.

Ada tiga poin dalam edaran itu. Selain minta segera melakukan vaksinasi, pada poin pertama disebutkan bahwa untuk Kepri telah disetujui perluasan sasaran vaksinasi Covid-19 pada masyarakat umum, para pekerja formal dan para pekerja informal dengan target akhir bulan juni 50 persen dan bulan Juli 70 persen.

Malah untuk pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di lokasi perusahaan masing-masing atau tempat lainnya dengan berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Dalam pertemuan pada 8 Juni lalu, Menko Perekonomian Airlangga Hantanto berharap sektor ekonomi kreatif, pariwisata, dan pekerja migran dapat didorong dengan diprioritaskannya vaksinasi Covid-19 di Bali, Batam dan Bintan. Tujuannya adalah herd immunity di ketiga pulau tersebut dapat cepat terbentuk karena selain pariwisata, terutama Batam dan Bintan merupakan sentra Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Kita berharap ketiga daerah tersebut dapat divaksinasi lebih awal, sehingga pemerintah dapat mendorong Travel Bubble di daerah tersebut. Kita akan mendorong Nusa Dua di Bali dan Lagoi di Bintan untuk dapat memiliki kesiapan seperti Phuket di Thailand,” kata Menko Airlangga saat memimpin Rapat Pelaksanaan Vaksinasi Di Bali, Batam dan Bintan.

Gubernur Ansar memang sejak awal bergerak untuk menekan sebaran pandemi Covid-19 di Kepri dan segera memulihkan ekonomi Negeri Segantang Lada ini. Kerja sama dan dukungan semua pemangku kepentingan di Kepri membuat program ini berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk dukungan pemerintah pusat. (B.Ar/Hum)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *