Gubernur Sumbar Jadi Inspektur Upacara Peringatan Perang Kamang Ke-113

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi (Foto: Doc Agam Media Center)

METROBATAM.COM. AGAM – Pemerintah Kabupaten Agam, menggelar Upacara Peringatan Perang Kamang ke-113, tahun 2021, di aula Kantor Camat Kamang Magek, Agam, Sumatera Barat. Selasa (15/6/21).

Dalam upacara tersebut, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menjadi inspektur upacara, dihadiri Staf Ahli Bupati Agam Bidang Pembangunan Perekonomian dan Keuangan, Isman Imran, Kepala BKPSDM Agam, Budi Perwira Negara, Kepala Badan Kesbangpol Agam, Yunilson, Kadis Sosial Agam, Rahmi Artati, Forkopimda, Niniak Mamak, dan unsur lainnya.

Upacara peringatan Perang Kamang, dilaksanakan secara virtual, mengangkat tema, “dengan semangat Perang Kamang kita tingkatkan persatuan dan kesatuan menuju masyarakat adil dan sejahtera” .

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menceritakan secara singkat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan Perang Kamang adalah suatu peristiwa heroik dan patriotik yang telah dicatat dengan tinta emas dalam lembaran sejarah RI.

“Perang Kamang merupakan perlawanan rakyat Sumatera Barat sebagai bentuk penentangan terhadap penerapan pajak (belasting) kepada masyarakat oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda,” ujarnya.

Dikatakan, dari peristiwa tersebut, telah mengorbankan gugurnya pejuang-pejuang rakyat sebagai patriot bangsa yang akan selalu dikenang sepanjang masa.

“Perang Kamang sejatinya adalah suatu perjuangan yang tumbuh dan dijiwai oleh semangat dan cita-cita yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan RI,” jelasnya. (Basa/amc)

Editor: H.Basyrah

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *